Lima Tahun KPK

Pada 2009, KPK Fokus ke Pelayanan

VIVAnews - Sudah lima tahun Komisi Pemberantasan Korupsi berdiri. Sudah banyak pula pejabat dan mantan pejabat yang menjadi pesakitan di Komisi Pemberantasan Korupsi. Namun untuk 2009, komisi antikorupsi akan fokus pada pembenahan pelayanan publik.

"Kita fokus pada beberapa pemerintahan daerah dan departemen," kata Wakil Ketua Komisi Bidang Pencegahan, Haryono Umar, kepada VIVAnews, Senin 29 Desember 2008.

Menurut Haryono pembenahan ini didasarkan pada penilaian sektor pelayanan publik yang masih rendah. Komisi, lanjut Haryono, masih menemukan adanya kelemahan dalam pelayanan publik. "Seperti kurangnya transparansi dan prosedur yang kurang jelas," ujarnya.

Haryono menjelaskan, cara yang akan dilakukan KPK adalah dengan melakukan supervisi dan pemantauan terhadap instansi dan departemen di seluruh Indonesia. Komisi juga memberikan batas waktu bagi tiap departemen dan instansi untuk memperbaiki kinerjanya. "Kami akan melakukan sidak jika perilaku mereka tidak berubah," jelasnya.

Salah satu Pemerintah Daerah yang akan difokuskan adalah Pemerintah Daerah Khusus Ibukota  Jakarta. Meski sudah memiliki program one kit service, namun pola tersebut masih perlu diperbaiki. Karena selama ini masih banyak program yang bagus namun hanya formalitas saja.

"Secara formalitas memang sudah lengkap, tapi pertanyaannya bagaimana dengan implementasi di masyarakat," jelas Haryono.

Mengenal Empat Zaman yang Digambarkan dalam Ramalan Jayabaya
Ilustrasi gender atau jenis kelamin.

7 Negara yang Miliki Toilet Netral Gender di Dunia, Mayoritas di Asia!

Beberapa negara telah memulai pembangunan toilet gender netral sebagai upaya untuk menyediakan fasilitas yang inklusif bagi kelompok LGBTQ+. Toilet gender netral infonya.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024