Pra Piala Asia 2011

Peningkatan Fisik Pemain Timnas Maksimal 30%

VIVAnews -  Pelatih Timnas, Benny Dollo berharap kekuatan pemain-pemainnya mampu meningkat sebelum berhadapan dengan Oman pada Pra Piala Asia (PPA) 2011, 19 Januari 2009. Sayang, rencana tersebut tak bisa mencapai hasil sempurna karena pemain datang dalam kondisi kelelahan yang luar biasa.

Menurut Benny, kekuatan pemain maksimal hanya mampu meningkat sekitar 30% saja. Mantan pelatih Persita Tangerang dan Arema Malang itu tak berani memaksakan peningkatan di atas angka tersebut. Dia khawatir, penambahan menu latihan fisik justru akan membuat pemainnya cedera.

"Padatnya jadwal kompetisi membuat tingkat kelelahan pemain tinggi. Karena itu, sangat riskan bila memaksakan mereka untuk berlatih fisik demi meningkatkan kekuatannya," kata Benny ketika dihubungi VIVAnews, Senin, 29 Januari 2008.

Selama ini, faktor fisik pemain memang menjadi salah satu kelemahan Indonesia. Terutama saat tampil pada turnamen yang ketat seperti Piala AFF 2008 lalu.

Tak ingin hal itu terulang di PPA 2011, Benny menetapkan peningkatan kekuatan pemain sebagai salah satu fokus yang harus dibenahi pada pemusatan latihan di Sawangan, Depok.  

"Saya pikir peningkatan kekuatan hingga 30 % sudah cukup bagus mengingat kondisi mereka yang cukup kelelahan," kata Bendol-julukan Benny Dollo.

Untuk PPA 2011, Badan Tim Nasional (BTN) memanggil 27 nama. Rencananya seluruh pemain sudah harus menjalani latihan perdana di Sawangan, Depok, Sabtu, 27 Desember 2008. Namun hingga hari ketiga latihan, Senin, 29 Desember 2008, masih ada tiga pemain yang tak bisa hadir.

Masing-masing adalah, dua pemain Persipura Jayapura, Ricardo Salampessy dan Boaz Solossa, serta pemain Sriwijaya FC, Wijay. Nama terakhir masuk menggantikan gelandang bertahan asal PSM Makassar, Syamsul Chaerudin yang tak bisa hadir karena baru saja menjalani operasi hernia.

Ditambahkan Benny, setelah menggenjot fisik pemain-pemainnya, menu selanjutnya adalah mengasah kerjasama tim. Latihan ini akan berjalan efektif bila seluruh pemain bisa hadir saat latihan.

"Saya berharap, 1 Janauri 2009 nanti, tak ada lagi pemain yang absen. Dengan demikian, program latihan bisa berjalan dengan baik," kata Bendol.
 
Pada PPA 2011, Indonesia tergabung di grup B bersama Australia, Oman, dan Kuwait. Di pertandingan perdana,  Indonesia akan menghadapi Oman di kandangnya, 19 Januari 2009.

Eskalasi Meningkat, Kemlu Minta WNI di Timur Tengah Waspada Perang Iran-Israel
Ketua Tim Hukum Nasional Anies-Muhaimin Ari Yusuf Amir

Tim Hukum Amin Harap Hakim MK Kedepankan Hati Nurani Adili Sengketa Pemilu 2024

Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) diharapkan mampu menggunakan hati nurani dan sikap kenegarawanan dalam keluarkan putusan perkara PHPU 2024.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024