Caleg Buka Rekening Dana Kampanye

Budiman Ingin Kembalikan Khittah Wakil Rakyat

VIVAnews - Calon legislator Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Budiman Sudjatmiko, telah menerima sejumlah bantuan untuk kampanye sejak mengumumkan membuka rekening beberapa hari lalu. Tanpa diduga, bantuan datang bukan hanya dalam bentuk uang tapi juga barang dan janji-janji akan diketemukan dengan komunitas tertentu.

"Lumayanlah. Tidak semua (bantuan) dalam bentuk uang. Ada dalam bentuk barang dan ada doa juga tentunya," kata Budiman dalam perbincangan dengan VIVAnews, Selasa, 30 Desember 2008. Selain itu, Budiman menyebutkan, sejumlah teman-temannya menjanjikan Budiman bertemu konstituen yang potensial memilihnya.

Menurut calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat nomor urut 1 dari daerah pemilihan Jawa Tengah VIII itu, tindakan membuka bantuan ini untuk mengembalikan khittah wakil rakyat. Wakil rakyat seyogyanya dimandatkan dan dibiayai rakyat untuk duduk di parlemen.

Selain itu, Budiman menjelaskan, transparansi bantuan ini membuatnya harus bertanggung jawab pada publik. "Membuka rekening ini bukan untuk merespons putusan Mahkamah Konstitusi. Pencalonan ini suatu peristiwa publik, bukan peristiwa partai, bukan peristiwa Budiman Sudjatmiko, ini adalah urusan publik," kata mantan tahanan politik Orde Baru itu.

"Maka lazimnya, seharusnya, selayaknya, peristiwa Pemilu mulai dari tahap pencalonan harus melibatkan publik," ujarnya. Dengan demikian, seorang wakil rakyat yang dipilih akan merasa berutang pada publik, bukan pada penyandang dana orang perorangan.

Selain membuka rekening, Budiman telah membuka dua pos komando (posko) di daerah pemilihannya yang meliputi dua kabupaten, Cilacap dan Banyumas. "Posko di Cilacap berada di rumah seorang tim sukses, kalau di Banyumas sebuah rumah yang dikontrak khusus," kata bapak satu anak itu.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024