Mantan PM Menangkan Pemilu Bangladesh

VIVAnews - Mantan perdana menteri Sheikh Hasina Wajed memenangkan pemilu Bangladesh pertama sejak 2001, dengan suara mutlak, Selasa 30 Desember 2008.

Kombes Iqbal dan Anak Buah Cegat Kendaraan di Lampu Merah, Bikin Pengendara Hepi

Sheikh Hasina mengalahkan pesaingnya Khaleda Zia yang menang pemilu tahun 2001 dengan perbedaan yang mencolok.Komisi pemilu Bangladesh menyatakan Sheikh Hasina Wajed dari Partai Liga Awami, dalam perhitungan sementara memenangkan 229 dari 295 suara di parlemen.

“Dia telah memenangkan suara mayoritas untuk memerintah tanpa partai lain,” kata juru bicara komisi pemilu S.M Asaduzzaman, kepada AFP seperti dikutip Channel NewsAsia, Selasa 30 Desember 2008.

Persikabo 1973 Jadi Tim Pertama yang Terdegradasi dari Liga 1 Musim Ini

Khaleda Zia dari Partai Nasionalis Bangladesh (BNP), hanya berhasil mendapatkan 27 kursi dukungan, yang mengakhiri dua tahun pemerintahan sementara yang didukung militer.

“Telah terjadi banyak ketidak beresan, “ kata juru bicara BNP, Rizvi Ahmed.”Pendukung kami dilarang memilih, dan agen jajak pendapat kami serta para petugasnya telah dihambat menjalankan tugas mereka,” lanjutnya.

Marah Anggotanya Disiksa, ISIS Rilis Video Ancam Bunuh Presiden Putin: Berhenti Siksa Anggota Kami!

Sheikh Hasina dan  Zia, diketahui telah bersaing ketat sejak tahun 1991 hhingga pemerintahan sementara dibentuk. Persaingan personal keduanya yang berlangsung sengit dituding sebagai biang kelumpuhan kehidupan politik di Bangladesh.

Pejabat sementara yang menjalankan pemerintahan, berupaya untuk membangun sistem, dan telah memenjarakan kedua perempuan itu dengan tuduhan korupsi, tapi setuju membebaskan mereka untuk mengikuti pemilu.

Meskipun pemilu berlangsung damai, tapi ada kekhawatiran bahwa restorasi demokrasi akan kembali membawa Bangladesh mundur, dengan konfrontasi politik masa lalu.

Koran berbahasa Inggris setempat, Daily Star, memuji Sheikh Hasina, dengan menggambarkan kemenangan ini sebagai bukti yang mencuri perhatian publik, di negara yang sangat membutuhkan perubahan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya