Gunung Semeru Semburkan Abu

VIVAnews – Teman-teman, sejak pekan lalu Gunung Semeru menyemburkan abu disertai asap tebal. Semburan debu tidak hanya mengenai daerah sekitar gunung, juga terbang hingga Kota Lumajang, Jawa Timur yang jaraknya sekitar 30-40 kilometer dari wilayah Gunung Semeru.

Ketebalan abu sekitar 2 milimeter. Meski abunya tidak terlalu tebal, abu tersebut membuat penduduk di sekitar lereng gunung menderita infeksi saluran pernafasan atas (ISPA). "Kami mengharapkan bantuan berupa masker," kata salah satu warga, Iswanto, Selasa 30 Desember 2008.

Tanah dan pepohonan di wilayah lereng Gunung Semeru tertutup abu. Kaca-kaca rumah penduduk pun tak luput tertutup abu. Kepulan debu juga mengganggu lalu lintas, karena pandangan para pengemudi juga tertutup abu.

Meskipun gunung tertinggi di Jawa ini mengeluarkan debu dan meletuskan asap, warga mengaku tidak cemas. "Peristiwa ini biasa terjadi disini, jadi warga tidak terlalu cemas," kata Iswanto.

Gunung Semeru ini juga sering menjadi tempat pendakian bagi para pendaki gunung. Tetapi karena Semeru sedang meletuskan asap dan debu, maka jalur pendakiannya ditutup sejak kemarin.

Wah, semoga Gunung Semeru cepat kembali normal dan penduduk sekitar cepat sembuh ya teman-teman.

Umat Islam Dunia Rayakan Idul Fitri 1445 H dengan Penuh Semangat
Pertamina menambah gas LPG 3kg untuk Bali

Pertamina Adds 7.36 Million Three-kg Gas Canisters for Eid al-Fitr

Pertamina, through Pertamina Patra Niaga, has increased the supply of 3-kilogram LPG cylinders by 22,087 Metric Tons (MT), around 7.36 million cylinders.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024