Konsumsi Listrik Konsol Game

Rp 10 Triliun Terbuang Percuma

Berapa harga yang mesti ditebus dari sebuah kesenangan bermain game? Tidak ada angka pastinya memang.

Namun, riset terakhir yang dilakukan oleh badan penyelematan sumber daya alam di Amerika Serikat menyatakan, setidaknya sekitar USD 1 miliar (Rp 10 triliun) terbuang percuma setiap tahun.

Soal Utang Rafaksi Minyak Goreng ke Pengusaha, Kemendag: Mudah-mudahan Mei Selesai

Jumlah itu berasal dari pemborosan konsumsi listrik dari konsol-konsol game di Amerika Serikat, yang tidak dimainkan.

Menurut penelitian Natural Resources Defence Council (NRDC) bekerja sama dengan firma konsultan Ecos, baru-baru ini, mengungkap bahwa konsumsi energi yang dihabiskan oleh penduduk Amerika Serikat untuk bermain di konsol game, mencapai 16 miliar kilowatt per hours (kwh), setiap tahun.

Angka tersebut hampir sama dengan angka konsumsi listrik kota San Diego California Amerika Serikat setiap tahun, yang berpopulasi sekitar tiga juta penduduk. 

Namun, menurut para peneliti, konsumsi listrik itu sebenarnya bisa dihemat hingga hanya sekitar 11 miliar kwh per tahun. Sebab, usai bermain game, separuh dari gamer biasanya langsung meninggalkan konsol mereka begitu saja, tanpa mematikannya terlebih dahulu.

Padahal langkah pengiritan bisa dilakukan. Baik XBox maupun PS3 memiliki fitur auto turn off, bila konsol mereka sudah tak digunakan lagi. Sayangnya, pada  kedua konsol, secara default (settingan dari pabrik), fitur tersebut dimatikan. 

Saat mode aktif, konsumsi listrik yang terpakai oleh konsol-konsol XBox rata-rata adalah 119 watt, sementara konsol PlayStation 3 mengambil porsi konsumsi listrik rata-rata 150 watt.

Adapun konsol Nintendo Wii, yang menggunakan kualitas grafik yang lebih rendah dari Xbox dan PS3, dalam keadaan aktif hanya memakan sekitar 16 watt saja.

Amerika Serikat adalah salah satu pasar terbesar video game selain Inggris dan Jepang. 40 persen penduduk Amerika dilaporkan memiliki konsol game, apakah itu Wii, XBox 360, atau PS3.

Riset dari Nielsen, mengatkan bahwa volume pasar video game di Amerika Serikat pada tahun 2007, mencapai hingga USD 10.6 miliar alias Rp 115.2 triliun.

Andaikan para penyuka game di Amerika mau bersusah payah mengubah penyetelan power management di konsol-konsol game, mereka tak hanya akan menghemat sekitar Rp 10 triliun, melainkan juga mengurangi lebih dari tujuh juta ton emisi karbon dioksida yang mendukung pemanasan global.

Kemnaker Menyatakan Kepada Pengusaha yang Telat Bayar THR akan Dikenai Denda 5 Persen
Wanita Korea mengaku kena penipuan yang menyeret nama Elon Musk.

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

Seorang wanita Korea mengalami kerugian besar $50 ribu atau sekitar Rp810 miliar setelah tertipu oleh penipuan yang melibatkan akun palsu mengaku sebagai Elon Musk.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024