Sriwijaya FC Pasrah Hadapi Undian LCA 2009

VIVAnews -  Undian (drawing) Liga Champion Asia (LCA) 2009 bakal digelar di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, 7 Januari 2009. Sriwijaya FC (SFC), klub yang akan mewakili Indonesia pasrah terhadap hasil undian tersebut. 

Sebagai juara Liga Indonesia 2007/2008, Sriwijaya mendapat jatah untuk tampil di babak utama LCA 2009. Sedangkan PSMS Medan yang menjadi runner up harus melalui play off terlebih dulu. 

Menurut pelatih Sriwijaya, Rahmad Darmawan, manajemen tak mematok target apapun bagi Charis Yulianto cs di LCA nanti. Meski demikian, mantan pelatih Persipura Jayapura dan Persija Jakarta ini berharap timnya bisa melaju hingga ke putaran 2. 

"Kalau dari manajemen asal tidak malu-maluin saja. Tapi, saya sendiri berharap Sriwijaya minimal mampu lolos ke babak kedua," kata Rahmad saat dihubungi VIVAnews, Selasa, 30 Desember 2008. 

Bagi Rahmad, persaingan di LCA 2009 sangat berat. Tim-tim yang bertarung merupakan tim terbaik yang mewakili tiga negara, yakni Korea, Jepang dan Cina. Karena itu, saat undian nanti Rahmad tidak terlalu berharap banyak. 

"Siapa pun tim yang akan menjadi lawan kami di pertandingan perdana LCA nanti pasti berat. Karena itu saya tidak terlalu berharap banyak dengan drawing nanti," beber Rahmad. 

Wajar bila Rahmad tak mau ambil pusing soal undian yang akan digelar nanti. Sebab, siapa pun lawan yang akan dihadapi punya kekuatan yang tak jauh beda karena memang berasal dari negara-negara yang punya kompetisi jauh lebih mapan dari Indonesia.

Jepang contohnya. Negara Matahari Terbit itu akan mengirimkan tim-tim sekelas Gamba Osaka, Kawasaki Frontale, Kashima Antlers dan Nagoya Grampus.

Sedangkan Cina yang terkenal dengan Cina Super League akan mengirimkan Shandong Luneng, Shanghai Shenhua, Beijing Guoan dan Tianjin Teda.

Utusan Korea Selatan juga tak kalah berbobot. Negeri Ginseng itu mengirimkan tim-tim terbaik dari K-League seperti Suwon Blue Wings, Seoul dan Ulsan Horang-i.

Tetap Fokus ke LSI 

Babak utama LCA 2009 baru bergulir medio Maret 2009. Rahmad mengaku bakal lebih mengutamakan persiapan untuk Liga Super Indonesia (LSI) 2008/2009. 

Tak banyak perubahan yang dilakukan Rahmad terhadap komposisi timnya. Muka-muka lama masih tetap menghiasi SFC di putaran 2 LSI 2008/2009 maupun LCA 2009. Satu-satunya pemain baru yang akan memperkuat Laskar Wong Kito --julukan SFC-- hanyalah Budi Sudarsono. 

"Antara Budi dan SFC sudah ada kesepakatan. Sekarang hanya tinggal tunggu proses administrasi dengan Persik saja," kata Rahmad. 

Untuk kekuatan legiun asing, Rahmad juga masih percaya dengan lima pemain yang memperkuat SFC di putaran 1 LSI.

Rahmad menolak untuk mengganti salah satunya dengan pemain asing dari Asia agar di LCA diperbolehkan menurunkan empat pemain asing.  

"Kami tetap mengutamakan liga. Mengganti salah satu pemain asing dengan pemain dari Asia, tidak menguntungkan untuk liga. Karena itu, di LCA kami tetap akan pakai tiga pemain asing dari lima pemain yang kami miliki," tandas Rahmad. 

Tragis, Casemiro Terbuang dari Timnas Brasil di Copa America Gara-gara Main di MU
Jokowi di pernikahan Riky Febian

Jokowi Hadiri Pernikahan Rizky Febian & Mahalini, Sule Ungkap Momen Mengharukan!

Momen kedatangan Jokowi di pernikahan Rizky Febian dan Mahalini itu diunggah langsung oleh keluarga pengantin yakni Sule, ayah dari Rizky Febian.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024