Pemilu 2009

Cetro: Rugi Jika Hanya Contreng Logo Partai

VIVAnews - Direktur Eksekutif Center for Electoral Reform, Hadar Nafis Gumay, jauh-jauh hari mengingatkan pemilih untuk tidak mencontreng tanda gambar partai. Hadar mengimbau, pemilih sebaiknya langsung mencontreng nama calon yang disukai.

Menurutnya, salah jika beranggapan suara pemilih yang menandai tanda gambar partai dilimpahkan berdasarkan nomor urut. Pembatalan pasal 214 Undang-undang No 10 Tahun 2008 tentang Pemilu membuat sistem urut itu tak ada artinya sama sekali selain menyusun calon dari atas ke bawah di dalam surat suara.

"Nggak ada itu suara dibagikan. Suara dari menandai logo partai itu nanti diperhitungkan dalam penghitungan kursi yang diperoleh partai," kata Hadar dalam perbincangan dengan VIVAnews, Rabu, 31 Desember 2008.

Sementara, penetapan calon terpilih berdasarkan banyak suara yang mereka peroleh dari pemilih yang mencontrengnya. "Artinya, jika hanya memilih tanda gambar partai politik saja, maka berarti menyerahkan calon yang terpilih pada pemilih-pemilih yang lain," ujar Hadar.

"Jadi, akan rugi sendiri jika memilih tanda partai," kata Hadar. Hal itu pula, kata Hadar, yang membuat para calon bahkan yang nomor urut 1 sekalipun akan berkampanye habis-habisan meminta pemilih mencontreng namanya.

Ketentuan ini memang berbeda dengan Pemilu 2004 lalu di mana sistem nomor urut masih berlaku. Jika pemilih mencoblos lambang partai saja, maka suara diteruskan ke para calon berdasarkan nomor urut.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp100 Juta Jadi Tersangka

Pada Pemilu 2009, contreng dibolehkan hanya satu kali yakni pada lambang partai atau pada nama calon. Namun jika dua-duanya dicontreng bakal dinyatakan tidak sah. Hal ini yang membuat pemerintah berencana membuat peraturan pemerintah pengganti undang-undang untuk membolehkan contreng sekaligus itu.

Erik Ten Hag

Ten Hag Bawa 3 Pemain Man Utd U-18 ke Tim Senior

Manajer Manchester United, Erik ten Hag telah mencermati tiga pemain tim U-18 yang menampilkan performa menarik pekan ini. Dia membawa para pemain tersebut gabung latihan

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024