Tahun Baru, Produksi Sampah DKI 1.200 Ton

VIVAnews - Setiap perayaan malam pergantian tahun selalu terjadi peningkatan volume sampah. Tahun ini diperkirakan mencapai 4.800 meter kubik atau setera dengan 1.200 ton.

Sebab itu, Dinas Kebersihan DKI telah menyiapkan 279 truk sampah, dan ditergetkan sampah-sampah di jalanan bisa bersih sebelum pukul 06.00 WIB.

Penyediaan truk sampah tahun ini memang lebih sedikit dibandingkan tahun lalu yang mencapai 400 unit truk. Sebab, pusat kegiatan perayaan Tahun Baru berada di Taman Impian Jaya Ancol (TIJA), bukan di Monas seperti di tahun 2007.

Dengan pemusatan kegiatan di Ancol, menurut Kepala Dinas Kebersihan, Eko Bahruna Subroto, kewenangan penanganan\ sampah menjadi tanggung jawab TIJA. Dinas Kerbersihan DKI hanya bersifat membantu.

Mereka telah menyediakan sendiri tenaga petugas kebersihan di dalam. Jadi tugas kami hanya memback-up saja,” kata Eko Bahruna.

Bantuan yang diberikan itu ketika sampah sudah dikumpulkan dan bawa ke luar, sudah ada truk-truk sampah yang siaga untuk mengangkut sampah dari Ancol ke TPA Bantar Gebang.

Uruguay dan Indonesia Jajaki Kerja Sama Jaminan Produk Halal

Selain mengerahkan 279 truk, Dinas Kebersihan DKI juga akan menerjunkan 3.404 petugas kebersihan yang tersebar pada titik-titik keramaian di lima wilayah kota.

Eko menargetkan pengangkutan sampah malam pergantian Tahun Baru akan rampung hingga pukul 06.00 WIB. Oleh karena itu, dia mengimbau warga Jakarta tidak terlalu berlama-lama di jalan atau tempat pelaksanaan perayaan Tahun Baru, agar para petugas kebersihan bisa menyelesaikan tugasnya sebelum jam 06.00 WIB.

Pemeriksaan Firli Bahuri di Bareskrim Polri

Kasus Pemerasan Firli Bahuri Mandek, Kombes Ade Safri: Pasti Tuntas

Kasus dugaan pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) dengan tersangka mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mandek.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024