APBD 2009

Foke: Lebih Banyak untuk Program Masyarakat

VIVAnews - Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo mengungkapkan komposisi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah DKI Jakarta 2009 lebih banyak digunakan pada sektor yang bersentuhan dengan masyarakat.

Fauzi dalam laporan akhir tahun di Balai Kota, 31 Desember 2008, mengatakan lebih dari Rp 11,2 trilliun diprioritaskan untuk enam program utama yang akan dilaksanakan pada 2009. Adapun totol APBD DKI Jakarta 2009 mencapai Rp 22,293 triliun.

Pendidikan, kata dia, dialokasikan Rp 4,4 triliun. Dana tersebut, menurutnya, akan digunakan untuk perbaikan dan pembangunan sekolah rusak pada dinas sekolah dasar, menengah, dan tinggi.

Kemudian, anggaran untuk pembangun infrastruktur mencapai Rp 4 triliun dengan kegunaan antara lain untuk pembebasan tanah dalam proyek Banjir Kanal Timur dan transportasi (Rp1,2 triliun).

Selain itu, bidang kesehatan dialokasikan sekitar Rp 600 miliar, sektor kebersihan dialokasikan Rp 560 miliar, dan bidang perumahan termasuk pembangunan rumah susun rakyat miskin sebesar Rp 372 miliar.

"Kami mulai melihat dampak krisis global. Di Jakarta memang belum terasa, tapi di pinggiran sudah terasa," tambahnya kepada wartawan. Indikasinya, kata dia, ancaman pemutusan hubungan kerja yang kian marak.

Ketahui Manfaat dan Risiko Saham Blue Chip, Dapatkan Dividen yang Konsisten
Penumpang bus dari terminal Batoh, Banda Aceh. VIVA/Dani Randi

Arus Mudik di Aceh Diprediksi Meningkat 9 Persen pada 2024

Pergerakan arus mudik hari raya Idul Fitri Tahun 2024 di Provinsi Aceh diprediksi mengalami peningkatan dibanding tahun lalu.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024