The Foundry Company

Produsen Semikonduktor Baru

Advanced Micro Devices (AMD) dan Advanced Technology Investment Company (ATIC), mengumumkan didirikannya perusahaan produsen semikonduktor baru yang berpusat di Amerika Serikat. The Foundry Company.

Industri Laboratorium Makin Kinclong, Lab Indonesia 2024 Soroti Hal Ini

Menurut Dirk Meyer, Presiden and CEO dari AMD menyatakan bahwa dengan perjanjian tersebut kini AMD telah menjadi perusahaan yang lebih kuat secara finansial dan fokus ke bisnis intinya. "Dengan The Foundry Company, AMD telah mengembangkan cara yang inovatif untuk dapat lebih fokus ke desain sekaligus memiliki akses ke teknologi produksi mutakhir yang dibutuhkan oleh bisnis kami tanpa perlu melakukan investasi besar di bidang produksi semikonduktor," ungkapnya pada berita pers yang dikirimkan ke media, 7 Oktober 2008.

Di kesempatan yang sama, Khaldoon Al Mubarak, CEO dan Managing Director dari Mubadala juga menyebutkan bahwa mereka memiliki rasa antusias yang sama atas potensi yang dimiliki AMD seperti ketika pertamakali mereka menanamkan investasinya tahun lalu. "Penambahan investasi yang kami lakukan merupakan bukti keyakinan kami pada strategi bisnis Asset Smart AMD, tim pemimpinnya, serta teknologi terbaik yang mereka miliki," ungkapnya.

Dorong Ekosistem Ekonomi Keuangan Digital, BI Bali Gelar Baligivation Festival 2024

"ATIC dan AMD adalah partner yang ideal untuk mendirikan The Foundry Company," ucap Hector Ruiz, yang kini menjadi Chairman dari The Foundry Company. "Dengan bekerjasama memungkinkan kami mengombinasikan visi dan investasi jangka panjang ATIC dengan inovasi, kemampuan manufaktur kami yang mutakhir, serta sumber daya yang berkualitas. Lebih lanjut, hadirnya Foundry Company di New York bersama IBM dan pemimpin riset lainnya akan memperkuat kawasan tersebut sebagai pusat pengembangan nanoteknologi dunia," tambahnya.

"Setelah proses yang memakan waktu lebih dari setahun, pengumuman hari ini akan mengubah industri semikonduktor dunia secara signifikan. Ini merupakan investasi di mana semua pihak melihat peluang yang besar," ucap Waleed Al Mokarrab, Chariman dari ATIC. "The Foundry Company, sebuah perusahaan independen bermodal besar, memulai hari pertamanya dengan membangun kerjasama dengan perusahaan yang memiliki visi jauh ke depan, dan menjadi awal dari langkah mereka menjadi pemimpin utama di bidang manufaktur semikonduktor," tambahnya.

Gibran Diberi Wejangan Ma'ruf Amin: Presiden dan Wakil Presiden Harus Kompak

The Foundry Company akan bergabung dengan IBM joint development alliance baik untuk produksi silicon-on-insulator (SOI) dan bulk silicon generasi 22 nanometer. Aliansi itu sendiri terdiri dari sekelompok perusahaan semikonduktor yang bekerjasama dalam mengembangkan teknologi silikon masa depan.

Setelah transaksi selesai, The Foundry Company akan mulai bekerja dengan sekitar 3000 karyawan yang dipindahkan dari AMD di Silicon Valley, New York, Austin, dan Dresden. Kantor pusat perusahaan sendiri akan bertempat di Silicon Valley sementara tim manufaktur akan bertempat di New York, Austin, dan Dresden. Setelah upgrade dan ekspansi pabrik di Dresden dan pendirian pabrik di New York selesai, The Foundry Company juga berencana untuk membangun fasilitas pabrikasi di Abu Dhabi.

Jika transaksi selesai, The Foundy Company akan:
• Menjadi perusahaan dengan nilai total USD 5 miliar, terdiri dari aset manufaktur dan properti intelektual milik AMD, modal intelektual dan SDM yang nilainya mencapai USD 2,4 miliar, dana sebesar USD 1,4 miliar dari ATIC, serta hutang sebesar USD 1,2 miliar yang mereka ambil alih dari AMD.
• Berkonsolidasi dengan AMD untuk pelaporan finansial.
• Memiliki jajaran Board of Director yang anggotanya imbang antara perwakilan dari AMD dan ATIC.
• Hanya memiliki AMD dan ATIC sebagai pemegang saham. Sebanyak 44,4 persen dipegang AMD dan 55,6 persen dipegang ATIC.
• Memiliki kantor pusat di Silicon Valley dan pusat R&D dan manufaktur di New York, Austin, dan Dresden.
• Memiliki perjanjian eksklusif untuk memproduksi prosesor AMD dan beberapa persen dari produk semikonduktor AMD lainnya jika dinilai lebih kompetitif.
• Mulai membangun fasilitas manufaktur Fab 4X di New York pada pertengahan 2009 dan menempatkan 1400 pekerja di sana saat mulai bekerja.
• Meningkatkan kapasitas produksi di salah satu fasilitas di Dresden dan menyelesaikan upgrade terhadap fasilitasnya di Dresden tahun 2009.
• Bergabung dengan IBM technology development alliace baik di teknologi SOI dan bulk silicon untuk memperluas pangsa pasar The Foundry Company.
• Kalau memungkinkan, akan memperluas jangkauan manufaktur global, dengan membuka fasilitas pabrikasi di Abu Dhabi.
• Mengumumkan nama dan identitas permanen perusahaan.

Cawapres terpilih Gibran Rakabuming Raka bertemu Wapres RI Maruf Amin

Prabowo dan Gibran Bakal Temui Jokowi Nanti Malam

KPU RI menetapkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih dalam Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024