Pasar Sistem Operasi

Desember, Market Share Mac Dekati 10%

Meskipun sempat muncul kekhawatiran bahwa akan terjadi penurunan di akhir tahun, tetapi Apple malah berhasil kembali mengalahkan rekor market share mereka di bulan Desember lalu. Kini, mereka menguasai 9,6 persen traffic internet di saat pengaruh Microsoft terus menurun.

Menurut data Net Applications, seperti dilansir Apple Insider, 1 Januari 2009 menunjukkan bahwa pengguna situs Mac OS yang menjelajah internet terus merangkak naik. Dari di bawah 8,9 persen market share di November menjadi 9,6 persen di akhir bulan berikutnya. Untuk mengumpulkan data, Net Applications sendiri mengamati puluhan ribu situs di seluruh penjuru dunia maya.

Angka tersebut merupakan angka tertinggi untuk Apple dan merupakan peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Ketika itu Mac OS hanya menguasai 7,3 persen.

Kesuksesan Apple di musim liburan lalu itu, seperti juga bulan sebelumnya sekali lagi merupakan dampak dari menurunnya market share Microsoft. Bulan Desember merupakan bulan kedua berturut-turut di mana Microsoft memiliki pangsa pasar di bawah 90 persen. Kali ini, market share mereka turun sampai ke 88,7 persen. Tingginya penjualan komputer Apple dan ponsel buatan mereka merupakan penyebab utama menurunnya market share Windows.

Laporan ini bisa jadi tidak bisa menggambarkan peta pangsa pasar sesungguhnya. Karena musim liburan, orang biasanya tinggal di rumah atau pergi liburan. Oleh karena itu, pengguna lebih banyak bermain-main dengan Mac dan iPhone daripada komputer berbasis Windows yang masih menguasai dunia bisnis. Meski demikian, menurut catatan, Apple memang terus berhasil menaikkan market share mereka di musim liburan. Bahkan sering pula memanfaatkannya untuk meraih pangsa pasar lebih banyak.

Timnas Indonesia Moncer! Bung Towel Tetap Kasih Nilai Jeblok ke STY: 6,5 dari 10
Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak

Polisi Ungkap Motif TikToker Galih Loss Buat Konten Diduga Menistakan Agama

TikToker Galih Loss ditangkap polisi buntut kontennya yang diduga menistakan agama.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024