Semburan Lumpur Lengowangi-2

Lumpur Menyembur pada Kedalaman 1000 Kaki


VIVAnews - Semburan lumpur di lokasi pengeboran sumur Lengowangi-2 desa Sekar Kurung, kabupaten Gresik, Jawa Timur terjadi saat pengeboran pada kedalaman 1000 kaki.

"Pengeboran sudah berjalan satu bulan," ujar Vice President Komunikasi PT Pertamina, Anang Rizkani Noor kepada VIVAnews di Jakarta, Jumat, 2 Januari 2009. "Namun, ketika menyentuh kedalaman 1000 kaki terjadi semburan lumpur."

Namun, dia menekankan yang penting saat ini semburan lumpur tersebut sudah bisa dipadamkan. Tim teknis Joint Operation Body Pertamina PetroChina East Java (JOB PPEJ) berhasil mengendalikan gelembung lumpur yang keluar di sekitar lokasi pengeboran sumur bor migas Lengowangi-2.

Usaha tersebut dilakukan dengan memompakan lumpur berat ke dalam sumur bor migas. Dari hasil uji laboratorium lapangan mengindikasikan karakteristik lumpur yang keluar identik dengan lumpur berat tersebut. Artinya gelembung lumpur yang keluar di lokasi merupakan lumpur yang diinjeksi, bukan berasal dari formasi bawah tanah.

Saat ini, menurut dia, tim teknis terus melakukan monitoring terhadap perkembangan luberan sumur bor tersebut. Selanjutnya, tim akan mengevaluasi apakah pengeboran ini bisa dilanjutkan atau tidak.

"Yang jelas, pengeboran sumur migas di Gresik ini proyek jangka panjang," kata dia. "Apalagi, sumur Lengowangi-1 sudah berproduksi."

Smart Finance Gandeng CBI Redam Risiko Kredit Macet
Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Demokrat Herzaky Mahendra Putra.

Demokrat Munculkan Nama Dede Yusuf untuk Pilkada Jakarta 2024

Partai Demokrat menyebut nama kadernya Dede Yusuf yang potensial untuk diusung dalam Pilkada Jakarta 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024