Kapal India Selamat dari Perompakan

VIVAnews – Helikopter militer Malaysia menyelamatkan sebuah kapal tanker berbendera India dari upaya perompakan oleh bajak laut di Teluk Aden, Somalia, Kamis 1 Januari 2009. Aksi penyelamatan tersebut merupakan keberhasilan awal tahun dalam melawan perompakan di zona berbahaya Teluk Aden.

“Ini adalah hadiah Tahun Baru untuk pemilik kapal pengangkut berbendera India itu. Jika helikopter Malaysia belum tiba, kapal mereka pasti akan berhasil dibajak,” kata Noel Choong, staf di  pusat laporan pembajakan Dinas Maritim Internasional.

Kapal tanker India yang membawa minyak itu sedang berlayar menuju  Terusan Suez ketika dua kapal kecil mendekati mereka lalu melakukan serangan. “Satu dari kedua kapal tersebut  membawa tujuh bajak laut berseragam ala militer,” kata Choong.

“Mereka mendekati kapal dan menembak,” kata Choong. “Gerombolan bajak laut itu, yang diyakini sebagai warga Somalia. Mereka mencoba naik ke kapal pengangkut minyak tersebut beberapa kali sembari terus menembak,” lanjut Choong.

Kapten kapal kemudian meningkatkan laju kapal hingga kecepatan maksimum, melakukan manuver untuk menghindari tembakan, dan mengirim SOS. Sinyal SOS ditangkap oleh kapal perang Malaysia, KD Sri Inderah Sakti yang hanya berjarak 15 mil dari kapal India tersebut.

Kapal perang Malaysia kemudian mengirim tanda ke helikopter militer Fennec. Fennec tiba beberapa menit kemudian lalu menyorot kapal dengan sinar, sehingga kawanan perompak menghentikan tembakan dan melarikan diri. Namun kapal terlanjur mengalami kerusakan. Untungnya tidak ada kru kapal yang terluka.

Malaysia ambil bagian dalam pasukan internasional yang berpatroli di Teluk Aden. Pasukan dari Negeri Jiran tersebut menyelamatkan sebuah kapal berbendera Cina sekitar dua pekan lalu. (AP)

Heboh Aksi Pedagang Buang Puluhan Ton Buah Pepaya, Ternyata Ini Penyebabnya
Pintu rumah dengan warna merah terang

Bosan Pintu Cokelat? Coba 4 Warna Cerah Ini Biar Rumah Makin Aesthetic

Warna pintu rumah adalah hal yang akan dilihat pertama kali oleh orang yang berkunjung. Oleh karenanya, pintu rumah harus memberikan kesan yang baik dan eye-catching.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024