Prediksi 2009

Lima Perkiraan di Dunia TI

Tahun 2009 baru saja datang menjelang. Setidaknya ada beberapa prediksi yang akan terjadi di dunia TI. Situs CNet menandai tahun baru ini dengan lima peristiwa besar. Antara lain:

Pemprov: Warga Jakarta yang NIK-nya Dinonaktifkan Bisa Ajukan Keberatan

1. Harga konsol PS3 akan semakin murah
Penjualan konsol game PlayStation 3 yang kedodoran bila dibanding dengan Nintendo Wii dan Microsoft XBox tahun lalu, agaknya bakal membuat Sony menurunkan harga PS3.

Diprediksi Sony bakal memotong harga PS3 dari sekitar USD 399 (sekitar Rp 4,3 juta) menjadi USD 299 (Rp 3,25 juta).

Demokrat Munculkan Nama Dede Yusuf untuk Pilkada Jakarta 2024

2. Apple akhiri kontrak eksklusif iPhone dengan AT&T
Kini, hanya masalah waktu bagi Apple untuk mengakhiri kontrak eksklusifnya dengan operator AT&T untuk memasarkan ponsel larisnya iPhone, di Amerika Serikat.

Pasalnya, tahun 2008 mencatat, iPhone tak akan mampu mengejar popularitas BlackBerry, dengan terus memperpanjang kontraknya dengan AT&T.

Smart Finance Gandeng CBI Redam Risiko Kredit Macet

Apple iPhone 3G


3. Blu-ray belum mampu lampaui popularitas DVD
Tahun ini, diperkirakan Blu-ray belum mampu mengambil alih peran DVD sebagai format digital terpopuler di seluruh dunia. Menurut riset Nielsen VideoScan, angka kecepatan adopsi Blu-ray, hanya sekitar 10-15 persen setiap persen.

Hal itu disebabkan oleh masih mahalnya teknologi Blu-ray, baik harga pemutar Blu-ray, maupun harga cakram yang digunakannya.

Di lain sisi, 2008 malah mencatat peningkatan penggunaan format video streaming yang berbasis internet. Oleh karenanya, tahun ini  diperkirakan online video streaming justru akan semakin populer.

4. Windows 7 akan meluncur
Microsoft boleh saja gagal dengan Windows Vista-nya. Berbagai masalah melingkupi sistem operasi itu mulai dari kekecewaan vendor, inkompatibilitas, keamanan, serta masalah kestabilan.

Kabar baiknya, Microsoft terus memperpanjang masa berlaku sistem sebelum Vista yang sudah terlanjur lekat di hati masyarakat, Windows XP.

Oleh karenanya, Microsoft diperkirakan bakal mempercepat kehadiran sistem operasi berikutnya di tahun ini, yaitu Windows 7. 

Banyak versi yang berkembang mengenai kapan tepatnya pengganti Vista ini muncul. Ada yang bilang Maret, atau April. Namun ada kemungkinan, Windows 7 bakal muncul November tahun ini.

Steve Jobs

5. Steve Jobs umumkan masa pensiunnya
Bila tiba-tiba Steve Jobs pensiun tahun ini, sudah pasti hal itu akan segera mengundang sentimen negatif pada saham Apple.

Oleh karenanya, kemungkinan besar, tahun ini pendiri Apple itu hanya akan mengumumkan kapan tanggal pastinya ia bakal mengundurkan diri.

Boleh jadi Steve baru akan hengkang dari Apple pada 2010. Namun, yang juga bakal dinantikan banyak orang, adalah siapa tokoh yang bakal menggantikan Steve nanti?

Kelima hal di atas adalah beberapa peristiwa yang mungkin bakal mewarnai tahun 2009.

Tentu saja, itu di luar dari berbagai langkah efisiensi dan pemangkasan-pemangkasan karyawan dari perusahaan TI, mengingat krisis ekonomi masih terus berlanjut di tahun ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya