Ribuan Siswa di Bali Gelar Upacara Saraswati

VIVAnews – Ribuan Siswa di Bali melaksanakan upacara hari Saraswati yang diperingati setiap enam bulan sekali yang jatuh setiap Sabtu Umanis wuku Watugunung.

Tujuannya adalah untuk memohon kepada Dewi Saraswati yang merupakan manufestasi daru Tuhan agar diberikan segala tuntunan dalam menghadapi permasalahan dalam pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan.

Salah satu lokasi yang dipadati umat Hindu adalah Pura Jagatnatha, di samping persembahyangan juga dilakukan di sejumlah pura yang ada di setiap sekolah.

Padatnya Pura Jagatnatha sehingga para siswa yang ingin bersembahyang harus mengantri. Proses yang dipimpin Ida Pedanda Gede Putraka Timbul dan Griya Timbul Kesiman ini berlangsung sejak pagi hingga malam.

Candra dan Agung Yudi, pelajar SMA di Denpasar ini mengaku bahwa setiap jatuhnya Hari Saraswati merupakan kewajiban bagi siswa untuk bersembahyang.

"Acara ini wajib diikuti oleh setiap pelajar yang ada di Denpasar, untuk memohon kepada Tuhan agar diberikan kemudahan dalam hal pendidikan," ujar Candra, Sabtu, 3 Januari 2009.

Laporan: Wima Saraswati | Bali

KPU Kabupaten Tangerang Buka Rekrutmen PPK dan PPS Pilkada 2024: Tersedia 967 Kuota
Berburu diskon tiket pesawat internasional [dok. Dwidayatour Carnival 2024]

Paket Promo ke Destinasi Wisata Dunia Bisa Dapat Diskon Rp 12 Juta, Simak!

Bagi para traveler yang ingin mencari paket promo perjalanan menarik ke sejumlah destinasi wisata internasional jangan ketinggalan.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024