Gilardino Bidik Sepatu Emas Eropa

VIVAnews - Alberto Gilardino kembali menemukan ketajamannya di Fiorentina. Gila bukan hanya membidik gelar capocannoniere Serie A, tapi Sepatu Emas (Golden Shoe) Eropa 2009.

“Saya telah mencetak 17 gol di setengah musim. Dan itu banyak sekali,” kata Gila yang juga anggota tim Italia peraih Piala Dunia 2006.
 
“Tugas saya membantu tim. Tapi, saya juga harus memikirkan Sepatu Emas. Saya sangat antusias dengan apa yang telah saya lakukan di Fiorentina selama enam bulan pertama," lanjut Gila kepada Channel4.

Jika bisa melakukannya, striker berusia 26 ini akan menjadi pemain Fiorentina kedua setelah Luca Toni pada 2006. Saat itu, Tonigol mengemas 31 gol di Serie A.

Francesco Totti menyusul Toni setahun kemudian denngan 26 gol buat AS Roma. Dan Gila sangat yakin bisa menjadi pemain Italia ketiga dalam empat tahun sebagai peraih Sepatu Emas Eropa.

“Saya tahu ini takkan mudah. Tapi, saya bisa bangkit setelah jarang dimainkan di AC Milan. Saya memetik banyak pelajaran di sana," kata Gila lagi.

Karir Gilardino menukik tajam ketika direkrut Milan sejak 2005. Tapi, sejak ditransfer Fiorentina awal musim 2008 senilai 15 juta euro, Gila benar-benar menggila.

Kredit atas kebangkitan Gila layak diberikan pada Cesare Prandelli dan Adrian Mutu. Trio ini bereuni setelah bekerjasama di Parma era 2002-2004.

“Kami bekerjasama dengan cara berbeda dibanding di Milan. Metode Prandelli lebih cocok dengan karakter saya," tutur Gila.

Beberapa taktik Prandelli di sebut Gila juga cocok buatnya. Apalagi, tim kebugaran La Viola juga membenahi fisik Gila yang jarang dimainkan di Milan.

Dan kini, Gila menjadi hantu buat kiper-kiper Serie A. Apalagi, ada Mutu di sampingnya yang sudah sangat dikenalnya saat berada di Parma.

Sektor Manufaktur RI Jauh dari Deindustrialisasi, Ekonom Beberkan Buktinya
Anggota DPR RI Fraksi Gerindra, Sumail Abdullah

Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi

Anggota DPR dari Fraksi Partai Gerindra, Sumail Abdullah, dinilai menjadi salah satu nama yang berpotensi maju di Pilkada Kabupaten Banyuwangi dalam Pilkada serentak 2024

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024