Gempa Guncang Manokwari

Hotel, Bank, Rumah Bupati Rata dengan Tanah

VIVAnews - Badan Penanganan Bencana Nasional (BPBN) melaporkan gempa bumi Manokwari, Papua Barat, mengakibatkan kerusakan infrastruktur milik penduduk, tempat bisnis, dan pemerintah.

Mayjen TNI Anton Resmi Jabat Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Gantikan Mayjen Haryanto

Menurut juru bicara BPBN, Priyadi Kardono, menyebutkan, dua penginapan, masing-masing Hotel Mutiara dan Hotel Kali Dingin ambruk. Dua kantor bank dan satu unit gudang Bulog roboh. Bahkan,  rumah dinas bupati di Kali Dingin juga rata dengan tanah.

BPBN tidak mencatat adanya korban meninggal dari lokasi itu. Namun, di Hotel Mutiara terdapat tiga tiga orang, dua dewasa dan satu anak, terjebak ketika gempa menyerbu. Tapi, petugas dari tim SAR segera bertindak menyelamatkan menyelamatkan mereka dari dalam gedung yang roboh itu.

Kapolri Sebut Kedewasaan Politik di 2024 Jauh Lebih Baik Dibanding 2019

Badan Meteorologi dan Geofisika mencatat gempa di Manokwari terjadi beberapa kali. Gempa pertama pukul 02.43 WIB berkekuatan 7,2 SR. Gempar susulan ke enam pukul 05.33 WIB berkekuatan 7,6 SR. Tercatat sedikitnya 20 kali gempa susulan di daerah itu.

Gempa di Manokwari mengakibatkan kerusakan sejumlah infrastruktur, seperti rumah penduduk dan area publik. Korban jiwa akibat musibah itu, menurut catatan BPBN, satu orang.

Panen Ganda Kelapa Sawit dan Padi, Untungkan Petani

Presiden Susilo Bambang Yudhoyno telah mengutus empat menteri datang ke daerah itu. Mereka adalah Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto, dan Menteri Perhubungan, Jusman Syafii Djamal, Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari dan Menteri Sosial Bachtiar Chamsyah. Priyadi Kardono, ikut mendampingi mereka selama ke lokasi gempa. Mereka diutus memberikan bantuan dan penanganan.

Kabel listrik dari dop lampu yang menyebabkan Zabur anggota DPRD Kubu Raya tewas tersetrum di rumahnya. (Istimewa)

Perbaiki Dop Lampu, Anggota DPRD Kubu Raya Meninggal Dunia

Perbaiki Dop Lampu, Anggota DPRD Kubu Raya Meninggal Dunia

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024