Tahun 2009

Pegadaian Targetkan Omzet Naik 45%

VIVAnews - Krisis global tidak menjadi momok menakutkan bagi Perum Pegadaian. Alih-alih mengurangi omzet, Pegadaian justru menaikkan target untuk tahun ini.

Perusahaan umum iniĀ  menargetkan pertumbuhan 45 persen. Krisis ekonomi dianggap lebih menguntungkan Perum Pegadaian karena lebih banyak orang yang akan membutuhkan modal kerja di tahun ini.

"Omzet Pegadaian diharapkan naik 45 persen dari Rp 33 triliun pada 2008 menjadi Rp 48 triliun," kata Direktur Utama Perum Pegadaian Chandra Purnama di Jakarta, Selasa 6 Desember 2008.

Menurut dia, dengan adanya pemutusan hubungan kerja akan membuat potensi pertumbuhan Pegadaian makin besar. Hal itu disebabkan semakin banyak orang yang membutuhkan pinjaman modal kerja.

Dari sisi laba kotor, dia menargetkan perolehan Laba Kotor 2009 diharapkan bisa mencapai Rp 1,2 triliun. "Pertimbangannya kita melihat potensi bisnis mikro dan kecil yang menjadi fokus pegadaian yang sedikit terkena dampak krisis keuangan. Untuk itu kita ingin jadi champion dalam pembiayaan bisnis mikro," tuturnya.

Untuk mencapai target tersebut, Pegadaian akan mempercepat penambahan sebanyak 3.000 unit, atau bertambah 1.000 outlet pada 2009. Penambahan outlet lebih banyak di luar Jawa dan Jakarta. "Karena yang jelas Jawa Tengah dan Jawa Timur sudah jenuh," katanya.

Di tahun ini, perusahaan menargetkan nasabah bisa mencapai 18 juta orang. Untuk kota yang beromzet terbesar adalah DKI Jakarta, Surabaya, dan Makassar. Pegadaian juga akan menambah modal sebesar Rp 4-Rp 4,5 triliun, dengan total aset Rp15,5 triliun untuk membiayai kinerja 2009

Terkait pemberian pinjaman, Pegadaian berencana menerbitkan obligasi sebesar Rp1,5 triliun . Rencananya akan dilakukan pada semester II sambil menunggu kondisi pasar membaik. "Obligasi itu untuk modal kerja dan ekspansi," kata Direktur Keuangan Pegadaian Budiyanto.

Layani Pemudik, Kemenhub Minta KAI dan KCIC Tambah Armada KA Feeder Whoosh
Ilustrasi mobil polisi di lokasi kejadian.

Viral! 4 Pria Terkapar Dipukuli di Depan Polres Jakpus Dipicu Pengeroyokan Anggota TNI

Sebelumnya, karena perselisihan, Anggota TNI Prada Lukman dikeroyok di Pasar Cikini, Jakarta Pusat.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024