Pemilu Digital Ala Paramadina

Giring 'Nidji' & Moreno Golput

VIVAnews - Pemilihan Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Paramadina dengan sistem digital berlangsung lancar. Sampai pukul 15.00 WIB, sudah 600 dari 1.507 pemilih memberikan hak suara. Sayangnya, Giring Nidji dan Moreno Soeprapto memilih golongan putih (golput) alias tidak memilih.

Padahal pemilihan tanpa perlu mencoblos atau mencontreng ini sudah digelar sejak Senin, 5 Januari 2009, lalu. Sampai menjelang sejam pemilihan akan ditutup, Giring dan Moreno belum memberikan suaranya. Sementara penyanyi Reza Herlambang telah menunaikan hak pilihnya pada Selasa siang, 6 Januari 2009.

Terlepas dari ketidakhadiran Giring dan Moreno, Ketua Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa Universitas Paramadina, Arkka Dhiratara, menganggap pemilu digital yang baru pertama kali diadakan ini sukses. Dibandingkan Pemilu yang sama setahun lalu, angka pemilih meningkat lebih dari 20 persen.

Seorang pemilih, Dino, menyatakan senang dengan sistem komputerisasi ini. "Asyik saja. Lumayan menghiburnya," katanya kepada VIVAnews ditemui di kampus Universitas Paramadina, Jalan Gatot Subroto, Jakarta.

Dino tinggal mengkonfirmasi hak pilihnya pada panitia, lalu disilakan masuk ke salah satu dari tiga bilik suara. Di dalam bilik, Dino melihat komputer menampilkan dua pasang calon pemimpin BEM. Dalam jangka waktu 300 detik, Dino harus menentukan pilihan. Jika lewat, dianggap abstain karena aplikasi terkunci.

Alhasil, hanya satu suara yang abstain hingga pukul 15.00 WIB. Sementara ini pasangan Arief Setiawan - Glendy Valentino mengalahkan lawannya pasangan  Denny Firmansyah-Romi. Pukul 17.00 WIB, pemungutan suara ditutup dan selang 10 menit, rekapitulasi suara langsung diketahui.

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jumat Agung, Presiden Jokowi Ajak Resapi Makna Pengorbanan Yesus Kristus

Presiden Joko Widodo, turut menyampaikan ucapa selamat Jumat Agung kepada umat Kristiani, yang jatuh pada hari ini, Jumat, 29 Maret 2024. Pengorbanan Yesus bisa diresapi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024