Angka Golput di Bali Terancam Tinggi

VIVAnews - Pelaksanaan pemilihan umum di Bali akan mengalami hambatan. Sebab, saat itu bertepatan dengan upacara Panca Wali Krama yang merupakan upacara keagamaan umat Hindu setiap 10 tahun sekali di Pura Besakih, Karangasem.

"Kita masih mempertimbangkan untuk membuat tempat pemungutan suara (TPS) tambahan di Pura Besakih. Kalau hal itu memungkinkan, kita akan laksanakan,” kata Ketua Komisi Pemilihan Bali, I Ketut Sukawati Lanang Perbawa usai bertemu dengan Gubernur Bali, I Made Mangku Pastika, Selasa 6 Januari 2009.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Sebab, kalau ribuan masyarakat Bali yang berbondong-bondong melakukan persembahyangan di pura terbesar di Bali ini tak diberikan kesempatan untuk memberikan hak suaranya, maka angka golput di Bali akan tinggi.

Namun,  kendala utamanya adalah tak adanya dasar hukum yang memperbolehkan TPS tambahan dibuat di tempat peribadahan. Dalam peraturan, TPS tambahan hanya bisa dibangun di rumah sakit dan lembaga pemasyarakatan.

"Nanti saya akan coba tanyakan ke Komisi Pemilihan  Pusat untuk solusinya,” katanya. Membuat TPS tambahan berarti rawan kecurangan, untuk itulah perlu pengawasan ketat dalam melakukan penghitungan.

Meskipun akan banyak menemui kendala, Lanang tetap akan terus berupaya supaya TPS tambahan ini bisa dilakukan.

Sementara, Gubernur Bali, Pastika mengharapkan angka golput di Bali bisa ditekan. "Hal ini terkait untuk mengantisipasi rendahnya partisipasi masyarakat dalam Pemilu Legislatif," kata Pastika.

Dalam Pemilu mendatang, sebanyak 4.924 orang calon anggota legislatif dari 36 partai politik akan bertarung memperebutkan suara masyarakat di seluruh kabupaten dan kota di Bali .

Selain itu, sebanyak 30 calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) juga ikut berebut suara dari sekitar 2.631.754 pemilih di Bali . Pelaksanaan kampanye pemilu dijadwalkan 16 Maret-5 April mendatang.

Laporan: Wima Saraswati| Bali

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku
Anak selebgram Aghnia Punjabi dianiaya

Anak Selebgram Aghnia Punjabi Diduga Dianiaya Pengasuh, Badan Diduduki hingga Kepala Dibanting

Anak selebgram Aghnia Punjabi diduga dianiaya pengasuh. Wajah anaknya babak belur. Mata kiri lebam, bekas luka di daun telinga, dan bibir juga terluka.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024