Pemerintah Dukung 10 Produk Potensial

VIVAnews - Pemerintah akan mendorong pertumbuhan 10 produk potensial yang didominasi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

"Sektor potensial ini menyerap banyak tenaga kerja, serta mengandung budaya dan kreativitas," kata Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu di Jakarta, 6 Januari 2009.

Menurut Mari, meski nilai ekspor 10 kelompok komoditi potensial seperti makanan olahan, perhiasan, ikan dan produk ikan, kerajinan, dan rempah-rempah pada 2007 masih rendah (sekitar 5,4 persen), tapi pertumbuhan komoditas tersebut tumbuh pesat dalam beberapa tahun terakhir.

"Realisasi ekspor produk potensial periode Januari-September 2008 meningkat 25,4 persen dibanding 2007 dengan pangsa pasar 5,5 persen," jelasnya.

Makanan olahan misalnya, kata dia, mengalami pertumbuhan 39,6 persen dengan nilai US$2,1 miliar. Industri perhiasan mencapai US$ 792,6 juta, meningkat 13,3 persen, dan rempah rempah senilai US$ 476 juta dengan pertumbuhan 40 persen dibanding 2007.

Mari mengatakan, krisis merupakan kesempatan baik untuk membenahi ekonomi dan sektor potensial dengan penyerapan tenaga kerja tinggi. Sehingga, saat pertumbuhan ekonomi normal kembali diprediksikan 2010-2011 akan berkembang lebih baik.

Dia melanjutkan, stimulus fiskal tahap kedua sebesar Rp 38 triliun memprioritaskan membantu supply chain ekspor lebih diarahkan kepada trade financing untuk ekspor ke negara baru dan menjaga ekspor yang berjalan.

"Proposal dalam pembahasan. Prioritas yang sekarang dilakukan departemen di antaranya untuk sektor prioritas ini," ujar Mari.

Mari menambahkan, penguatan ekspor juga dilakukan dengan menambah modal untuk Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI), meningkatkan modal asuransi ekspor, serta verifikasi ekspor dan negara nontradisional tujuan ekspor seperti Timur Tengah, negara-negara Afrika Utara, Afrika selatan, Irak dan Iran.

Pembunuhan Sadis, Wanita di Medan Tewas Ditangan Kekasihnya
Hwang Sun-hong,

Lawan Timnas Indonesia U-23, Pelatih Korea Khawatir karena Hal Ini

Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Korea Selatan U-23 pada laga perempat final Piala Asia U-23 2024. Duel berlangsung di Abdullah bin Khalifa Stadium, Jumat dini hari

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024