Agung Laksono Akan ke Jalur Gaza

VIVAnews - Agung Laksono, Presiden Asian Parliamentary Assembly (APA) yang juga Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, akan berangkat ke Jalur Gaza untuk mendesak gencatan senjata Israel-Palestina. Agung direncanakan berangkat dengan Ketua Parlemen Iran, Suriah dan Nigeria.

"Sekarang kami akan melaksanakan tugas tersebut. Tapi kami tidak langsung ke Jalur Gaza, akan ada pertemuan terlebih dahulu yang disebut Troika antara pimpinan DPR Iran, Suriah dan Indonesia untuk bertemu di Damaskus guna menentukan jadwal serta mengukur seberapa jauh kami bisa masuk ke Jalur Gaza," kata Agung dalam jumpa pers di gedung parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 7 Januari 2009.

Keputusan Agung harus ke Palestina ini sudah diputuskan November 2008 lalu, dalam sidang tahunan APA di Jakarta. Dalam sidang jauh sebelum terjadi aksi militer Israel itu, disepakati Ketua APA terdahulu yakni dari Iran dan Suriah akan berangkat bersama Ketua APA terpilih, Agung Laksono, dan Ketua APA yang akan datang, Ketua Parlemen Nigeria, ke Jalur Gaza. Mereka akan membicarakan pembebasan lokasi-lokasi di Gaza yang diblokade Israel.

Selain agenda politik, rombongan parlemen Asia ini juga berencana menyerahkan bantuan kemanusiaan. Mereka akan menyerahkan sumbangan awal US$ 50 ribu untuk rakyat Palestina. Bantuan tersebut nanti akan dikonversi dalam bentuk obat-obatan atau makanan.

"Saat ini kami dalam proses menampung sumbangan-sumbangan. Target bantuan US$ 250 ribu atau hampir Rp 3 miliar. Sekarang sudah terkumpul US$ 50 ribu dan yang sudah terkumpul ini akan dibawa lebih awal," kata Agung yang akan berangkat ditemani Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen, Abdillah Toha.

"Terakhir kami menyerukan menolak segala bentuk penjajahan oleh Israel," kata Agung yang saat ini sedang menunggu pimpinan parlemen Iran dan Suriah untuk bersama-sama berangkat ke Gaza.

Terpopuler: Sandra Dewi Kena Hujat karena Suami sampai Sopyan Dado Meninggal
Ini Dia Para Tersangka Penembakan di Moskow Rusia

4 Pelaku Terorisme Moskow Ternyata di Bawah Pengaruh Obat-Obatan Terlarang

Dalam berita terbaru yang mengejutkan, dilaporkan bahwa empat teroris yang terlibat dalam serangan mengerikan di gedung konser Balai Kota Crocus dekat Moskow pada Jumat,

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024