Undian Liga Champions Asia

Sriwijaya Dikepung Macan Asia

VIVAnews - Perjuangan Sriwijaya FC (SFC) di babak penyisihan Liga Champion Asia (LCA) 2009 dipastikan berat. Sebab, tim berjuluk Laskar Wong Kito itu bergabung dengan juara bertahan, Gamba Osaka (Jepang). 

Bukan cuma itu. SFC juga dikepung klub-klub macan sepakbola Asia. Selain Gamba, dua tim lain yang menemani Sriwijaya di Grup F adalah FC Seoul (Korea) dan Shandong Luneng (Cina).

“Saya bangga bisa menjajal kekuatan juara bertahan Gamba Osaka,” ucap Rahmad Darmawan, pelatih SFC lewat pesan pendek kepada VIVAnews usai menghadiri undian LCA 2009 di Dubai, Uni Emirat Arab, Rabu, 7 Januari 2009.  

Liga Champion Asia 2009 akan diikuti oleh 32 klub. Tiga puluh di antaranya langsung tampil di babak utama, sedangkan dua sisanya harus melewati babak play off terlebih dulu. 

Ke-32 klub yang akan tampil di babak utama dibagi dalam 8 grup yang dihuni oleh masing-masing empat tim. Tim yang lolos dari babak play off akan bergabung di Grup B dan Grup G.

Tiap grup akan diambil dua tim ke babak 16 besar. Babak ini mementaskan sistem gugur dengan sekali bertranding dimana juara grup menjadi tuan rumah laga 16 besar.

Cina, Jepang, Korea, Iran dan Arab Saudi menjadi negara yang memiliki wakil terbanyak di LCA 2009. Mereka masing-masing diwakili oleh empat tim. Posisi terbanyak kedua ditempati oleh Uni Emirat Arab dan Australia yang diwakili oleh tiga klub. 

Indonesia sendiri berpeluang memiliki dua wakil seperti Qatar dan Uzbekistan. Syaratnya, PSMS Medan harus bisa lolos dari play off yang akan digelar Februari 2009nanti. Tim bejuluk Ayam Kinantan itu akan menemani Sriwijaya FC yang lebih dulu masuk babak utama. 

Pembagian Grup LCA 2009
Grup A:
Al Hilal (Arab Saudi), Bunyodkor (Uzbekistan), Al Ahli (Uni Emirat Arab), Saba Battery (Iran)
Grup B: Persepolis (Iran), Al Shabab (Arab Saudi), Al Gharafa (Qatar), klub playoff
Grup C: Al Jazira (Uni Emirat Arab), Esteghlal (Iran), Al Ittihad (Arab Saudi), Umm Salal (Qatar)
Grup D: Pakhtakor (Uzbekistan), Al Shabab (Uni Emirat Arab), Sepahan (Iran), Al Ettifaq (Arab Saudi)
Grup E: Ulsan Hyundai (Korea Selatan), Newcastle Jets (Australia), Beijing Guoan (Cina), Nagoya Grampus (Jepang)
Grup F: Gamba Osaka (Jepang), FC Seoul (Korea Selatan), Sriwijaya FC (Indonesia), Shandong Luneng (Cina)
Grup G: Shanghai Shenhua (Cina), Kashima Antlers (Jepang), Suwon Bluewings (Korea Selatan), klub playoff
Grup H: Central Coast Mariners (Australia), Tianjin Teda (Cina), Kawasaki Frontale (Jepang), Pohang Steelers (Korea Selatan)

Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak
Ilustrasi diabetes/cek gula darah.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Diabetes adalah kondisi yang memerlukan perhatian khusus terhadap pola makan. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan jangka panjang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024