Bursa Anjlok

Pemerintah Pantau Rumor 24 Jam

VIVAnews - Pemerintah akan memantau rumor pasar saham selama 24 jam. Baik yang berkaitan dengan emiten maupun broker. 

"Kita akan membuka unit sehari penuh untuk mengkonter rumor-rumor itu. Termasuk isu adanya 41 broker yang gagal bayar," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani saat jumpa pers di Departemen Keuangan Jakarta, Kamis, 9 Oktober 2008.

Sebelumnya, PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) membantah adanya 41 broker yang gagal bayar (default). Isu tersebut terembus seiring dihentikannya perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu, 8 Oktober 2008.
 
Direktur Utama KPEI Inarno Djajadi mengatakan, kalaupun ada kasus gagal bayar, hal itu karena broker terlambat membayar. “Tapi, itu juga sudah beres," kata dia kepada VIVAnews. 

Bahkan, lanjut dia, PT Danatama Makmur yang terlambat membayar sudah menyelesaikan transaksi pada 7 dan 8 Oktober 2008.

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Keberlanjutan? 

Menurut Inarno, sehari setelah suspensi perdagangan saham di bursa, KPEI tidak menggunakan dana talangan untuk menjamin pembayaran broker yang gagal bayar.


Dia juga menjelaskan, untuk sementara, pihaknya tidak mengakomodasi transaksi pinjam meminjam efek hingga kondisi pasar stabil. “Kami mencoba mengurangi risiko. Untuk itu kami tidak mengakomodir (transaksi pinjam meminjam efek),” tegas dia.

Jasa pinjam meminjam efek yang difasilitasi KPEI tersebut bertujuan untuk membantu anggota kliring memenuhi kebutuhan efek guna menghindari terjadinya kegagalan penyelesaian transaksi bursa.

Sementara itu, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) juga mencermati kemungkinan terjadi transaksi tidak wajar di pasar. “Itu yang sedang kami analisis. Bursa masih meneliti berdasarkan informasi yang ada,” jelas Direktur Perdagangan Saham, Riset, dan Pengembangan BEI MS Sembiring.

Top Trending: Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo Gibran hingga Seorang Ulama Kritik Nabi Muhammad
Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Berita tentang nasib dua debt collector yang hendak mengambil paksa mobil Aiptu Fandri di parkiran salah satu pusat perbelanjaan di Kota Palembang jadi yang terpopuler.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024