Perangkat Jaringan

Motorola Perkenalkan Modem Multifungsi

Motorola memperkenalkan sebuah perangkat akses internet yang mengombinasikan teknologi WiMax, Wi-Fi, Ethernet, dan VoIP. Layaknya penjualan BlackBerry di Indonesia, perangkat yang diberi nama wi4 WiMa CPEi 775 itu hanya akan disediakan Motorola melalui mitra operatornya. Motorola sendiri menyatakan tidak menawarkan perangkat ini di pasar retail.
 
Secara fisik, perangkat ini sangat tipis dan disuguhkan dengan beberapa pilihan warna. Generasi kedua CPEi 775 ini dibuat lebih adaptif, dapat diinstal dengan mudah, karena ia tidak perlu dirotasi untuk kekuatan sinyal optimal.
 
"Seiring perkembangan jaringan WiMax secara global, para service provider tentu mencari solusi untuk meningkatkan kecepatan dan performa WiMAX agar layanannya lebih baik," kata Charles Riggle, direktur senior pengembangan bisnis dan strategi perangkat WiMax di Motorola, dalam pernyataan resminya, seperti dikutip VIVAnews dari InformationWeek, Rabu 7 Januari 2009.
 
"Pada perangkat ini dibenamkan dua teknologi radio berbeda dengan satu antena internal tanpa adanya intervensi sistem," tambah Riggle.
 
Kombinasi modem WiMax dan Wi-Fi merupakan terobosan yang menandakan munculnya pemerataan pengembangan WiMax di dunia. 

Bulan lalu, Sprint juga memperkenalkan produk serupa, U300, modem combo plug-in WiMax dan Wi-Fi untuk laptop. Sprint membanderol perangkat yang dibuat oleh Franklin Wireless tersebut dengan harga US$ 149 atau setara Rp 1,5 juta per unit, dengan biaya langgan sekitar US$ 80 atau sekitar Rp 900.000 per bulan selama dua tahun.
 
Motorola hingga kini belum mau memaparkan kisaran harga untuk modem barunya. Menurutnya, penentuan harga akan dipublikasikan lebih lanjut oleh mitranya, karena meliputi biaya langgan dan layanan tambahan lainnya.
 
wi4 WiMax CPEi 775 merupakan sebuah perangkat WiMax Forum Wave 2 yang mendukung 3,5 GHz band, juga mampu menyokong bandwidth 5 MHz, 7 MHz, dan 10 MHz.

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode
Pemain Timnas Indonesia U-23

Bikin 2 Gol ke Gawang Korsel, Begini Kata Rafael Struick

Penyerang Timnas Indonesia U-23 Rafael Struick menilai kemenangan atas Timnas Korea Selatan U-23 adalah buah kinerja tim.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024