Menkeu Sambut Gembira Penurunan BI Rate

VIVAnews - Penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia ke level 8,75 persen disambut gembira. Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan kebijakan bank sentral itu bisa mendukung pertumbuhan ekonomi di tingkat 4,5-5,5 persen.

"Pertumbuhan ekonomi itu terdiri dari beberapa faktor penunjang. BI rate itu hanya salah satu faktor," kata Menkeu di Jakarta, Kamis 8 Januari 2009.

Yang pasti dengan keputusan otoritas moneter ini, pemerintah berharap inflasi masih bisa terus ditekan sepanjang tahun ini. Kebijakan penurunan BI rate dipicu kenyataan sepanjang Desember 2008 terjadi deflasi 0,04 persen.

Dengan penurunan tersebut, imbuh Menkeu, maka ruang terjadinya tingkat suku bunga untuk bisa menstimulate investasi masih bisa meningkat. "Karena kita lihat, dari sisi bank juga perlu konsolidasi. Jadi kalau 4,5-5,5 persen itu, pertumbuhan kredit 20-25 persen," katanya.

Sebab saat suku bunga acuan berapa di level   sembilan persen, pertumbuhan kredit bisa 37 persen. "Jadi tidak hanya growth yang mempengaruhi. Jadi kalau suku bunga turun tetapi likuiditas maupun prospek ekonomi menimbulkan risiko, biasanya bank juga akan lebih hati-hati," kata dia.

Sebelumnya Bank Indonesia mematok BI rate di atas sembilan persen. Pada Desember 2008, BI perlahan-lahan menurunkan suku bunga 25 basis poin menjadi 9,25 persen. Penurunan terus berlanjut sampai Januari 2009 sebesar 50 basis poin menjadi 8,75 persen.

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bersyukur suara yang diperoleh partainya pada Pemilu 2024, naik signifikan. Airlangga berterima kasih ke kader dan para caleg

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024