Krisis Perusahaan IT

Penjualan Intel Turun 23%

Intel Corp., produsen chip terbesar di dunia menyatakan bahwa penjualan mereka di kuartal keempat turun 23 persen. Penurunan itu lebih besar dibanding prediksi mereka sebelumnya. Faktor utamanya adalah resesi global yang menghantam penjualan komputer secara keseluruhan.

Menurut informasi Bloomberg, 7 Januari 2009, sesaat setelah Intel menyatakan bahwa penjualan mereka turun ke angka 8,2 miliar dolar AS dari 10,7 dolar AS setahun sebelumnya, saham Intel di bursa juga turun 6,1 persen. Produsen chip itu juga menurunkan nilai investasinya di Clearwire Corp., perusahaan di bidang penyedia jasa internet nirkabel sebesar 950 juta dolar AS.

“Kalau Intel mengalami saat yang buruk seperti itu, menarik untuk diketahui apa yang terjadi di pihak kompetitornya,” kata Hakim Kriout, seorang manajer investasi di Grigsby & Associates, sebuah perusahaan sekuritas berbasis di New York. “Angka-angka yang dirilis Intel merupakan pertanda buruk untuk beberapa waktu yang akan datang,” kata Kriout.

Sinyal turunnya permintaan chip di seluruh industri teknologi berbanding lurus dengan pemasukan Intel yang memegang sekitar 80 persen pangsa pasar chip komputer di seluruh dunia. Menurut Paul Otellini, Chief Executive Officer Intel, resesi yang terjadi di Amerika Serikat kali ini merupakan yang terburuk sepanjang hidupnya. Dominasi perusahaan itu di pasar prosesor merupakan barometer untuk belanja teknologi secara keseluruhan, karena chip buatan Intel merupakan salah satu komponen pertama yang dipesan oleh produsen komputer.

Dalam sebuah pernyataan, Intel menyatakan bahwa pernah terjadi penurunan lebih lanjut. November lalu, Intel menurunkan prediksi penjualannya menjadi sekitar 9 miliar dolar AS. Padahal, sebelumnya mereka memperkirakan akan berhasil meraih penjualan setidaknya 10.1 miliar dolar AS.

Awal Desember lalu, AMD, kompetitor Intel di bidang chip prosesor menyatakan bahwa penghasilan mereka di kuartal keempat akan turun sekitar 25 persen dari 1,59 miliar dolar AS yang mereka dapat di kuartal sebelumnya. Dua perusahaan itu, Intel dan AMD merupakan pemasok komponen utama dalam komputer.

Penurunan penghasilan Intel itu merupakan yang terbesar sejak kuartal keempat 2001. Secara resmi, Intel akan mengumumkan laporan keuangan lengkap mereka 15 Januari mendatang, sekitar dua minggu lebih awal dibanding laporan keuangan perusahaan teknologi lainnya seperti Microsoft, IBM, dan Google.

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi
Pemain Real Madrid, Joselu

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Manchester United tertarik pada penyerang tengah yang musim ini bermain untuk Real Madrid, Joselu. Man Utd sedang berupaya mencari celah guna mendapatkan pemain buruannya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024