Tingkatkan Metabolisme, Sehatkan Badan

VIVAnews - Metabolisme yang lamban bisa memicu berat badan yang berlebihan. Kalori menumpuk menjadi lemak, beragam penyakit mengincar. Tak ada cara lain, segera dorong metabolisme tubuh Anda bekerja lebih kencang.

Metabolisme, seperti dijelaskan pakar homeopati Melanie J. Grimes dalam www.healthnews.com, adalah proses fisika dan kimia dalam tubuh untuk menghasilkan energi. Proses kimia berlangsung dalam sel, mengubah makanan dan oksigen menjadi energi yang dibutuhkan tubuh. "Meningkatkan metabolisme akan meningkatkan energi dan membuat berat badan menyusut," kata Grimes.

Metabolisme setiap orang berbeda-beda, terutama ditentukan oleh keturunan. Metabolisme juga dipengaruhi usia, terus menurun 5 persen dalam sepuluh tahun setelah melewati umur 40 tahun. Nah, gaya hidup dan pilihan makana juga berpengaruh pada metabolisme.

Melatih metabolisme dilakukan melalui olahraga yang teratur. Otot-otot menyimpang adenosine triphosphates (ATP) yang akan dibakar ketika otot bergerak. Tubuh selalu menyediakan ATP sesuai ukuran, sehingga ketika berolahraga, tubuh secara otomatis meningkatkan kebutuhan ATP yang dikonversi dari makan.

Jelas, menurut Grimes, cara terbaik meningkatkan metabolisme hanyalah melalui olahraga dan mengembangkan massa otot. Lalu utamakan makanan kaya protein dan sehat lemak.

Berikut tips Grimes untuk meningkatkan metabolisme:
- Tingkatkan massa otot: Lebih berotot membuat lebih banyak kalori dibakar;
- Makan lebih banyak protein;
- Olahraga setelah maka karena akan menggandakan pembakaran kalori;
- Makan teratur: Melewatkan sarapan dan perut kosong akan menurunkan metabolisme karena membuat tubuh berusaha menyimpan. Makan sedikit sarapan membuat metabolisme terus bekerja;
- Makan makanan kecil: Riset terbaru atas atlet menemukan makan makanan kecil senilai 250 kalori tiga kali sehari akan meningkatkan pengeluaran energi;
- Minum air dingin: Air dingin membutuhkan lebih banyak energi untuk mencerna dibanding air hangat;
- Vitamin:  Thiamine, atau vitamin B1, untuk fungsi otot dan meluruhkan karbohidrat dan vitamin C membantu tulang rawan saluran darah.

Menambah Makanan Pembakar Lemak:
1. Protein: Semua makanan sebenarnya pembakar lemak, karena ketika mencerna, metabolisme meningkat. Namun ada beberapa makanan yang membutuhkan lebih banyak energi untuk dicerna. Protein menghabiskan 25 persen lebih banyak. Seratus kalori protein menggunakan tiga puluh kalori untuk mencernanya;

2. Rempah: Sebuah riset dari Medicine & Science in Sports & Exercise, menemukan lada merah (cayenne pepper) yang ditambahkan pada makanan berkarbohidrat meningkatkan pembuangan dan mengaktifkan metabolisme selama 30 menit setelah makan;

3. Teh hijau: Komposisi aktifnya adalah antioksidan yang disebut epigallocatechin gallate (EGCG), yang bertindak seperti lada merah;

4. Lemak sehat: Tubuh membutuhkan lemak untuk berfungsi dan lemak sehat meningkatkan pembakaran kalori. Lemak sehat ditemukan pada zaitun, avokad, kacang dan beberapa ikan seperti salmon dan tuna.

Namun, kata Grimes, cara yang terbaik meningkatkan metabolisme tetaplah olahraga dan meningkatkan massa otot. Bagaimana?

Pelaku Jambret Tinggalkan Mobil Patroli Polisi yang Dia Bawa Kabur di Pinggir Jalan Lalu Kabur
Ilustrasi meruqyah

Cara Ruqyah Diri Sendiri Sesuai Syariat Islam, Agar Terbebas dari Gangguan Jin

Ruqyah atau Rukyah merupakan metode pengobatan menggunakan doa pada orang yang sakit akibat dari ‘ain (pandangan), sihir, rasa sakit, hingga gangguan jin.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024