BI Rate Harus Diturunkan Sampai 7%

VIVAnews - Bank Indonesia masih bisa menurunkan suku bunga acuannya (BI rate) sampai level tujuh persen. Posisi BI rate saat ini yang sebesar 8,75 persen masih  jauh dari ideal.

"Idealnya BI rate tujuh persen," kata Komisaris utama Permodalan Nasional Madani Prof Hermanto Siregar di Jakarta, akhir pekan ini.

Hermanto menilai BI terlambat menurunkan suku bunga yang seharusnya bisa dilakukan secara gradual sejak Oktober 2008.  BI baru menurunkan BI rate pada Desember sebesar 25 basis poin menjadi 9,25 persen dan Januari sebesar 50 basis poin menjadi 8,75 persen.

"Jika suku bunga tujuh persen baru akan berdampak pada sektor riil," katanya. Sebab target pertumbuhan ekonomi 5,5 persen tahun ini dapat  tercapai kalau didukung pertumbuhan konsumsi pada  level 5,4 persen dan investasi 3,4 persen. "Tapi dengan syarat impor lebih rendah dari ekspor," katanya.

Di tempat yang sama pengamat ekonomi Aviliani berpendapat hampir sama. SBI menurutnya bisa  diturunkan hingga 7,5 persen "Negara lain sudah syariah dengan suku bunga sudah ada yang nol, kita malah kapitalis," katanya.

Tarisland Superstars: Kemegahan dan Antisipasi di Puncaknya
Ammar Zoni

Sedang Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Ammar Zoni Ungkap Doa untuk Anak dan Kelurga

Ammar Zoni memahami bahwa bulan Ramadhan adalah saat yang istimewa. Ammar mengaku akan semakin mendekatkan diri kepada Tuhan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024