Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi

Banjir Karena Maraknya Illegal Logging

VIVAnews - Gubernur Nusa Tenggara Barat Muhammad Zainul Majdi menyatakan, banjir yang terjadi di Kabupaten Lombok Utara dan beberapa wilayah lainnya dipicu oleh tindakan illegal logging oknum masyarakat.

Pengunjung Coba Kelabui Petugas Lapas Yogyakarta Simpan Pil Koplo di Betis, Malah Ketahuan

Aksi penggundulan hutan menurutnya sudah lama terjadi sehingga hujan lebat yang disertai angin kencang, Sabtu 10 Januari 2009 lalu tidak dapat ditahan dan mengakibatkan banjir dan tanah longsor.

Penggundulan hutan tidak hanya terjadi di Gunung Rinjani, hal sama terjadi di Kecamatan Tanjung, Lombok Utara. Hasil pantauan Gubernur kemarin menunjukkan kondisi hutan di wilayah itu cukup kritis sehingga dia meminta dinas terkait segera bertindak untuk menangani masalah illegal logging tersebut.

"Kami lihat mobil truk pengangkut kayu besar-besar dibawa dari arah Nenggala, Kabupaten Lombok Utara dan saat itu juga langsung ditahan polisi, dan ini mengancam kelestarian lingkungan, Ini masalah serius yang menjadi issu nasional," katanya kepada wartawan usai menghadiri rapat koordinasi penanggulangan banjir Senin 12 Januari 2009.

Dia menambahkan kondisi hutan yang menjadi tulang punggung alam di NTB harus mendapat perhatian khusus pemerintah. Maka itu dia meminta aparat penegak hukum terutama polisi untuk mengintensifkan pengawasannya terhadap pencurian kayu tersebut.

Peningkatan tindakan hukum juga harus dilakukan guna menekan tingkat pencurian kayu hutan. Dia menduga penggundulan hutan ini juga terkait dengan praktik pengalihan fungsi hutan oleh oknum tertentu.

Praktik pencurian kayu ini dinilai melibatkan orang yang memiliki dana yang cukup besar, bila dilihat dari pola peralihan kayu itu sendiri menggunakan kendaraan besar.

Pelaku Ditangkap, Begini Modus Sopir Taksi Online Todong Penumpang Rp 100 Juta

Untuk kapasitas besar, kayu-kayu tersebut juga dikirim melaluli transportasi laut. "Nah kalau sudah begini tentunya pengawasan dan pemantauan harus diperketat terutama di darat maupun di laut," ujarnya.

Menanggapi hal itu, Kapolda NTB Brigadir Jendral Surya Iskandar mengaku siap menangani kasus illegal logging tersebut. Hanya saja perlu adanya peran serta masyarakat untuk menuntaskan kasus illegal logging yang terjadi di NTB.

"Penanganganan kasus itu sudah ada dalam program kami, maka itu kami minta bantuan masyarakat luas untuk sama-sama menangani masalah lingkungan terutama hutan," tuturnya.

Laporan: Edy Gustan | Mataram

Viral Jambret Bawa Kabur Mobil Patroli Polisi di Jaksel, Begini Kronologinya
Ayah dari King Nassar, Ahmad Hasan Sungkar

Innalillahi, King Nassar Berduka Ayahanda Meninggal Dunia

Kabar duka datang dari pedangdut Nassar Sungkar atau King Nassar. Ayahanda Nassar, Ahmad Hasan Sungkar meninggal dunia pada hari ini, Jumat, 29 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024