"Pemerintah Tak Berpihak pada Rakyat"

VIVAnews - Mantan Menko Perekonomian, Rizal Ramli, mensinyalir kelangkaan gas di tanah air yang kontradiktif dengan posisi Indonesia sebagai salah satu negara eksportir gas terbesar di Asia Tenggara merupakan bukti bahwa pemerintah kurang berpihak kepada rakyat.

“Rakyat dapat gas saja susah.  Padahal Indonesia termasuk eksportir gas terbesar di Asia Tenggara, bahkan di dunia,” ujar Rizal dalam diskusi bertajuk “Hentikan Kebohongan di Blok Natuna D-Alpha” di Gedung Nusantara V DPD RI, 12 Januari 2009.  Dalam diskusi yang diselenggarakan oleh KPK-N (Komite Penyelamat Kekayaan Negara) tersebut, Rizal mengkritik keras pendekatan yang dilakukan pemerintah dalam mengelola kekayaan alam Indonesia.

Menurut Rizal, Indonesia adalah negara yang sangat kaya.  Sayangnya, rakyat Indonesia justru hanya dapat sedikit menikmati kekayaan alam yang dikandung di buminya.  Selain soal kelangkaan gas yang membuat Rizal heran, ia juga mencontohkan kontradiksi lain yang terjadi di negeri ini.  Misalnya, ujar Rizal, Indonesia adalah eksportir batu bara terbesar di Asia.  Ironisnya, PLN malah membeli batu bara dari Australia.

“Ini terjadi karena kepentingan pemerintah sekedar untuk mengekspor, sementara keberpihakan pada rakyat dinomorduakan,” tukas Rizal yang merupakan salah satu penasehat KPK-N.  Selama ini, lanjutnya, kekayaan alam diprioritaskan untuk diekspor, sementara sisanya baru digunakan untuk kepentingan rakyat Indonesia.  Inilah pula yang menyebabkan kelangkaan gas, BBM, dan pupuk.

Karena itu, Rizal mengharapkan munculnya presiden baru pada tahun 2009.  “Setelah tahun 2009, bersama presiden baru, kita akan ubah hal tersebut.  Semua kekayaan alam harus untuk bangsa kita sendiri.  Kalau ada lebih, baru diekspor,” tegas Rizal yang juga menjadi salah satu kandidat capres dari DIB (Dewan Integritas Bangsa) yang konvensinya dibuka pada Sabtu lalu, 10 Januari 2009.

Perbedaan pendekatan yang fundamental dalam mengelola kekayaan alam, diyakini Rizal mutlak diperlukan demi terwujudnya perbaikan ekonomi yang berpihak pada rakyat. Rizal juga mengkritik premis utama pemerintah yang selama ini seakan-akan mengisyaratkan bahwa pengelolaan dan pengembangan sumber daya alam hanya dapat dilakukan oleh pihak asing.  “Pikiran-pikiran semacam itu sangat terbelakang dan primitif,” tegas Rizal yang saat ini menyandang status tersangka dalam kasus demonstrasi anti-kenaikan harga BBM yang berlangsung pada pertengahan 2008.

Rizal meminta agar pemerintah dapat bertindak lebih cerdas dalam mengelola beragam kekayaan alam yang tersimpan di bumi Indonesia, karena elit yang kurang cerdas akan dibodohi terus-menerus oleh negara-negara besar

Daftar Harga Motor Vespa per Maret 2024
Calon Anggota Legislatif DPR RI dari Partai Demokrat, Fathi

Caleg Demokrat Fathi Lolos ke Senayan Bareng Melly Goeslaw dari Dapil Jabar I

Partai Demokrat berhasil meraih satu kursi DPR RI dari Daerah Pemilihan Jawa Barat I (Jawa Barat), Kota Bandung dan Cimahi periode 2024-2029. Sebab, partai yang diketuai

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024