Pemain Terbaik FIFA 2008

Kemenangan Ronaldo Selamatkan Muka Inggris

VIVAnews - Cristiano Ronaldo berhasil mewujudkan ambisinya menjadi pemain terbaik di kolong langit saat ini. Penghargaan Ballon d'Or yang dipertegas dengan predikat Pemain Terbaik Dunia 2008 versi FIFA menjadi buktinya.

Penghargaan yang diterima Ronaldo mempunyai arti tersendiri bagi sepakbola Inggris. Ya, sejak perhelatan akbar ini digelar kali pertama pada 1991 silam, praktis gelar Pemain Terbaik Dunia FIFA selalu menjadi milik pemain asal Liga Italia dan Liga Spanyol.

Bahkan, sejak beberapa tahun terakhir, saat Liga Inggris menancapkan kukunya sebagai liga terbaik dunia, gelar Pemain Terbaik Dunia pun tak kunjung mendarat di negeri Ratu Elizabeth itu.

Kini, dengan terpilihnya Ronaldo, Liga Inggris boleh sedikit berbangga. Meski bukan pria Inggris, namun terpilihnya Ronaldo paling tidak bisa menunjukkan pamor Liga Inggris di mata dunia.

Ronaldo sendiri mengaku bahagia dengan penghargaan yang telah diterimanya. Selain telah membayar kerja kerasnya selama ini, penghargaan paling prestisius ini juga membuat Ronaldo bak penyelamat muka Inggris di mata dunia.

"Saya akan bahagia jika menjadi bagian dari sejarah Manchester United," ujar Ronaldo di situs FIFA usai menerima anugerah Pemain Terbaik Dunia 2008 di Zurich, Swiss, Selasa, 13 Januari 2009.

Winger 23 tahun ini memang bukan pria Inggris. Namun, keberhasilannya merengkuh gelar ini tetap akan dipandang sebagai titik permulaan kebangkitan sepakbola Inggris.

Dalam sejarah Pemain Terbaik Dunia FIFA, para pemain Inggris memang tak pernah sekalipun mematahkan dominasi Brasil, Prancis, Italia dan Portugal. Bahkan, Inggris kalah bersaing dari negara Afrika, Liberia yang mencatatkan nama George Weah sebagai Pemain Terbaik Dunia 1995.

Brasil masih menjadi negara paling subur dalam melahirkan Pemain Terbaik Dunia. Negeri Samba ini telah merengkuhnya delapan kali lewat Ronaldo Luiz Nazario da Lima (tiga kali), Ronaldinho (dua kali), Romario, Rivaldo, dan terakhiri Ricardo Kaka.

Di Eropa, Prancis menjadi yang terbaik lewat sang maha bintang Zinedine "Zizou" Zidane. Nyawa Prancis di Piala Dunia 1998 ini hingga kini mencatatkan diri sebagai yang tersukses dalam sejarah penghargaan ini.

Zidane tiga kali menyabet gelar ini (1998, 2000, 2008) plus dua kali berada di urutan 2 dan dua kali menduduki peringkat 3. Nah, melihat serentetan statistik di atas, terpilihnya Ronaldo tentu sedikit menjadi obat dahaga bagi persepakbolaan Inggris.

Puji Fergie & Scolari

Dalam kesempatan itu, Ronaldo juga menyebut dua sosok penting di balik kesuksesannya merengkuh penghargaan prestisius ini. Winger United 23 tahun ini mengaku sosok Manajer United, Sir Alex Ferguson dan mantan pelatih Portugal, Luiz Felipe Scolari menjadi bagian penting perjalanan karirnya.

"Sebuah klub tidak akan mendapat apa-apa tanpa hadirnya seorang manajer hebat. Sir Alex menjadi bagian penting dalam hidup saya, dan saya belajar banyak darinya. Tanpa Sir Alex dan Scolari, saya tidak akan berada di sini," ujar Ronaldo.

Mudik Pakai Mobil Listrik, Perhatikan Suhu Cuaca dan Ban
Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, Persiapan Langkah Hukum Paslon AMIN

Cak Imin Dikabarkan Maju Pilgub Jatim, PKB Ingin Fokus di MK Dulu: Tidak Lama Hanya 14 Hari

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, dikabarkan bakal maju dalam Pilkada Serentak 2024. Ia dikabarkan akan maju pada Pilgub Jawa Timur.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024