Amerika Serikat Tempat Favorit TKI Bali

VIVAnews – Minat warga Bali untuk bekerja di luar negeri khususnya di Amerika Serikat semakin tinggi. Penempatannya pun tidak untuk dipabrik, melainkan di kapal pesiar, hospitality industri seperti di hotel, restoran dan spa, serta plantation mencapai ribuan orang.

Ketua Himpunan Pengusaha Pengerah Tenaga Kerja Indonesia (HPPTKI) Bali, Ida Bagus Widiantara, mengatakan Bali memiliki potensi bagus karena tenaganya banyak dicari lantaran sikap dan kemampuannya baik.

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Jangan Lupa Pasang CCTV

"AS menjadi tempat faovorit mereka. Hanya saja, keterbatasan bahasa sehingga banyak yang memiliki kesempatan harus gigit jari," ujar Ida usai bertemu dengan Gubernur Bali, Selasa, 13 januari 2009.

Untuk itulah, Widiantara berharap agar pemerintah daerah bersedia memberikan pelatihan, mengingat animo masyarakat Bali tinggi. Dari penyebaran selama tahun 2008, ada sekitar 1920 orang yang berminat di bidang kapal pesiar, 960 orang di hospitality, dan plantation 320 orang.

Menurut Ida, tingginya animo masyarakat untuk bekerja di luar negeri dimanfaatkan pihak-pihak tertentu yang kurang memahami mana perusahaan TKI yang resmi dan tak resmi. "Penipuan model ini masih marak dan korbannya engga melapor karena malu," ungkap Widiantara.

Laporan: Wima Saraswati | Bali

Pimpinan Golkar di Daerah Minta Airlangga Dipilih secara Aklamasi di Munas, Menurut Sekjen
Tyas Mirasih.

Sambil Menangis, Tyas Mirasih Ungkap Kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Sambil menangis haru, Tyas Mirasih mengungkap kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina langsung di hadapan Raffi di sebuah acara.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024