Suryadharma Ali

Terinspirasi Insiden 'Sepatu' Bush

VIVAnews - Insiden pelemparan sepatu oleh wartawan Irak, Muntazar Zaidi, kepada  George W Bush menginspirasi Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Suryadharma Ali untuk memproduksi sepatu mirip punya Zaidi.

Dalam insiden pelemparan sepatu saat kunjungan Bush ke Irak, tidak hanya Zaidi yang kemudian menjadi terkenal. Sepatunya pun ikut terkenal dan dicari-cari, sampai ada yang bersedia membeli seharga US$ 50 miliar.

"Setelah peristiwa itu, saya meresmikan kampung sepatu dan sandal di Krian, Sidoarjo. Saya bilang tertarik sama sepatu itu, tapi kalau harus ikut tender, saya nggak punya uang. Saya minta dibuat duplikatnya saja. Pesan 100 pasang di kampung itu," ungkap Surydharma di Gedung Departemen Keuangan, Jakarta, Jumat 16 Januari 2009.

Sepatu yang dikasih nama "Mazda" itu, kata dia,  dijual paling mahal Rp 200 ribu. Tapi ia akan menjualnya Rp 1 juta per pasar. Selisih harga itu nantinya akan disumbangkan kepada siswa berprestasi yang tidak mampu di Sidoarjo. "Sepatu itu dikasih nama Mazda, singkatan dari Muntazar Zaidi sumber daya alam Sidoarjo, SDA," kata dia.

Suryadharma paham banyak yang mengaitkan usahanya ini dengan persoalan politik. "Padahal tidak, sepatu ini semata-mata untuk mempopulerkan kampung sepatu dan sandal di Sidoarjo. Belakangan saya kasih nama baru Kampoes," katanya.

Ia mengaku sudah mendapat pesanan sepatu Mazda dari beberapa kenalannya. "Tapi kayaknya harganya kemahalan ya, mau saya turunin Rp 500 ribu," kata dia sambil tertawa.

Peresmian kampung sepatu itu dilakukan pada 28 Desember 2008 lalu. Di kampung ini tinggal para pengrajin yang sudah turun temurun ini, sejak abad 19, tinggal di sana. "Jadi kampung yang sangat bersejarah," kata dia.

Namun berapa jumlah UKM di kampung itu, ia mengaku tidak tahu. Yang pasti hampir seluruh warga kampung adalah pengrajin sepatu dan sandal. "Belum ada jumlahnya. Tapi ini dalam rangka merevitalisasi kampung sepatu yang sudah lama tenggelam. Di sana ada istana sepatu dan sandal dan produk-produk dari kulit," katanya.

Untuk menghidupkan usaha mereka, Kementerian Negara Koperasi dan UKM akan membantu di bidang pemasarannya. "Kita punya gedung promosi. Dari sisi permodalan ada program KUR yang bisa diakses," katanya.

Caleg Demokrat Fathi Lolos ke Senayan Bareng Melly Goeslaw dari Dapil Jabar I
Billy Syahputra

Dekat dengan Banyak Wanita, Billy Syahputra Gerah Sering Dijodohkan

Billy Syahputra mengaku sempat ‘gerah’ dengan komentar netizen yang selalu menjodoh-jodohkannya dengan wanita yang dekat dengannya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024