Aksi Karyawan Pertamina

Karyawan Pertamina Kirim SMS ke Yudhoyono

VIVAnews - Segala cara dilakukan Serikat Karyawan PT Pertamina agar tuntutannya terkabul, termasuk mengirimkan pesan pendek (SMS) kepada Presiden Yudhoyono.

"SMS kami tembuskan pada Andi Mallarangeng dan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Sofyan Djalil," kata Pengurus Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu, Irvan Wirayudha, kepada VIVAnews, Jumat 16 Desember 2009.

Dalam pesan pendek yang dikirimkan pada Yudhoyono, serikat mengadukan hukum yang tak diindahkan Direksi PT Pertamina. Putusan PK MA No. 13 PK/PHI/ 2007 sebagai putusan lembaga hukum tertinggi, kata karyawan, telah dilecehkan. Menurut serikat, hal itu identik denganĀ  penghancuran citra Pertamina, juga citra Yudhoyono sebagai presiden.

Ternyata, bukan kali ini saja, SMS dikirimkan. Sudah satu tahun serikat berusaha meminta perhatian Yudhoyono. "Belum ada reaksi, mungkin beliau tak membacanya langsung," kata Irvan. Serikat, lanjut dia, juga sudah pernah mengirimkan surat pada Yudhoyono, namun belum juga ada tanggapan.

Aksi unjuk rasa puluhan karyawan dimulai sejak Senin, 5 Januari 2009. Aksi adalah buntut sikap direksi yang belum menjalankan putusan peninjauan kembali Mahkamah Agung No 13 PK/PHI/ 2007 tanggal 6 November 2007 yang membatalkan pemutusan hubungan kerja yang dilakukan PT Pertamina pada Juli 2005. Para karyawan menunggu keputusan direksi PT Pertamina atas nasib mereka.

Menurut Irvan, sampai hari ini para karyawan masih bertahan di Jakarta. Mereka masih mencari cara, termasuk mengadu ke Dewan hari ini. "Kalau langkah hukum nggak ada, sudah ujungnya langit dari hukum kita tempuh," tambah dia.

Berbeda dengan versi karyawan, Corporate Secretary Pertamina, Toharso mengatakan, kompensasi yang diberikan kepada 157 mantan karyawan itu sudah lebih dari cukup. Pertamina pun berhak memutus kontrak karyawan bila masa kerja sudah selesai.

Megawati Bersedia Bertemu Prabowo tapi Ada Syarat-syaratnya, Kata Elite PDIP
Ilustrasi kucing

Feline Lower Urinary Tract Disease: All Cat Lovers Need to Know

Feline lower urinary tract disease (FLUTD) is a term that refers to several conditions affecting your cat’s lower urinary tract, including the urethra (a thin tube that c

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024