Buku Kedua Ronny Pattinasarani Diluncurkan

VIVAnews - Buku kedua mantan pesepakbola nasional, Ronny Pattinasarani akhirnya diluncurkan. Buku ini menceritakan perjalanan hidup dan hari-hari terakhir Ronny sebelum ajal menjemput, 19 September 2008.

Buku kedua Ronny berjudul "Dan, Saya Telah Menyelesaikan Pertandingan Ini." Buku setebal 207 halaman ini diluncurkan di kediaman pendiri Group Medco, Arifin Panigoro, Jalan Jenggala 1, Jakarta Selatan, Jumat, 16 Januari 2009.

Acara yang dipandu artis Tamara Geraldine itu dihadiri oleh petinggi PSSI, wakil media massa, sahabat, serta mantan rekan-rekan Ronny di timnas Indonesia.

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Sebelum meninggal, Ronny telah menerbitkan buku berjudul "Dan, Kedua Anakku Sembuh dari Ketergantungan Narkoba." Buku tersebut bercerita mengenai perjuangannya dalam melepaskan kedua anaknya, Benny dan Yerry dari jeratan obat haram itu.

Menurut penulis kedua buku ini, Andreas J Waskito, Ronny sebenarnya masih punya rencana untuk menerbitkan dua buku lainnya. Buku ketiga berisi rangkuman pemikiran Ronny saat menjadi penulis pada sebuah harian nasional. Sedangkan buku keempat berisi tentang teknik bermain sepakbola.

"Mudah-mudahan kedua buku ini masih bisa diterbitkan. Dan untuk itu saya butuh bantuan dari berbagai pihak dalam mengumpulkan data yang diperlukan," kata Andreas.

Ditambahkan Stella, istri Ronny, buku ini sebenarnya sudah lama ingin diterbitkan. Namun, akibat memburuknya kondisi kesehatan Ronny, pengerjaannya sempat tertunda.

"Sebenarnya masih banyak yang belum diceritakan dari pemikiran Ronny dalam buku ini. Mungkin, baru diterbitkan dalam buku-buku selanjutnya," kata Stella.

Ronny Pattinasarany merupakan legenda sepakbola nasional. Pemain bernama lengkap Ronald Hermanus Pattinasarani ini merupakan pemain timnas Indonesia era 1972-1984. Selain aktif sebagai pemain, Ronny juga sempat menjadi pengurus PSSI.

Bahkan, sebelum menghembuskan nafas terakhir dalam usia 59 tahun, Ronny masih menjadi Direktur Tim Pembinaan Usia Muda PSSI bersama Risdianto dan almarhum Iswadi Idris.

Vera Margaret

Jangan Sampai Terjerat Pinjol, Ini Tips Kelola Keuangan Lebih Cerdas

PT Bank UOB Indonesia (UOB) menggelar diskusi bertajuk 'Membangun Budaya Keuangan yang Sehat bagi Generasi Muda, di Ramayana Terrace, Jakarta, Pada Rabu, 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024