Yudhoyono Gemar Bicara Membingungkan

VIVAnews –  Pakar ilmu komunikasi, Tjipta Lesmana, mengatakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono merupakan tokoh yang dikenal gemar bicara dengan komunikasi dalam konteks tinggi (lower high context).

Polisi Bongkar Sifat Sopir Truk Ugal-ugalan yang Sebabkan Kecelakaan di GT Halim

Di buku “Dari Soekarno sampai SBY,”  (2009) Tjipta mengatakan dua faktor menjadi penyebab gaya komunikasi presiden itu.

Pertama kegemaran Yudhoyono menggunakan analogi dalam menggambarkan suatu masalah. Publik, kata Tjipta, disuruh menginterpretasikan sendiri apa makna analogi itu.

Arema FC Langsung Tatap Laga Lawan PSS 

Kedua, kebiasaan Yudhoyono tidak bicara langsung pada pokok masalah (to the point). Pernyataan Yudhoyono hanya hakikat dari permasalahan.

Itu sebabnya, kata Tjipta, ada kalanya Yudhoyono menggunakan bahasa yang bersayap atau bahasa yang maknanya memingungkan.

Sentil Gugatan Paslon 01 dan 03 di MK, Qodari Soroti 2 Hal Ini

Contohnya di akhir 2007, Yudhoyono tiba-tiba meminta semua pihak agar tidak mengganggu program kerja pemerintah memberantas korupsi.

Dia menganalogikan pemberantasan korupsi dengan mencuci piring. Piring piring kotor yang ditinggalkan oleh pihak yang mengadakan berbagai pesta di masa lampau.  “Kita cuci bersama-sama piringnya sekarang ini.”

Menurut Tjipta, kalimat itu membingungkan. Karena “cuci bersama” mengandung arti upaya penindakan itu dilakukan bersama-sama para koruptor.

Sebelum itu, Yudhoyono juga pernah menganalogikan kabinet yang dia pimpin sebagai kapal. Dia akan mengganti awak kapal yang tidak berguna dengan awak baru agar kapal dapat berlajar cepat sampai tujuan.

Menurut Tjipta ungkapan itu tidak jelas apakah dengan pernyataan itu Yudhoyono hendak mengganti beberapa menterinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya