Hanung Bramantyo Dapat Ide dari Konflik Gaza

VIVAnews - Sutradara Hanung Bramantyo angkat bicara soal konflik di Jalur Gaza. Wujud solidaritas untuk rakyat Palestina bukan hanya dalam bentuk mengirimkan relawan jihad dengan mengangkat senjata ke negeri itu.

"Yang bisa saya lakukan yang pertama adalah berdoa. Kedua, saya punya pikiran gagasan atau lewat karya," ujar Hanung Bramantyo dalam acara solidaritas untuk Palestina, di Hotel Aryaduta, Sabtu, 17 Januari 2009.

Menurut Hanung, apapun alasan peperangan Israel dengan Palestina itu tidak layak mendapat gelar peperangan suci. Hanung beranggapan, tidak ada sebuah peperangan itu yang dinilai suci.

"Ini kan memperebutkan sebuah tanah yang suci dengan cara yang tidak suci, ini adalah peperangan egoisitas masing-masing," ujar sutradara Ayat-Ayat Cinta ini. Hanung pun sempat terbersit ide untuk membuat film dengan mengambil latar belakang konflik kedua negara itu.

Tetapi, Hanung akan tidak membuat film tentang dua negara tersebut. Melainkan, egoisitas masing-masing negara yang digambarkan dalam hubungan pria dan wanita yang berlatar belakang konflik.

"Karena peperangan ini melibatkan egoisitas. Bagaimana tidak? Perkembangan perang diikuti tiap hari ada pemberitaan tersebut. Malah kadang karena terlalu tidak teganya saya matikan televisi," kesal dia.

Kendati demikian, Hanung tidak mengajarkan dan tidak menunjukkan keberpihakkannya kepada siapapun. Sebab, terkadang dirinya mendapat pertanyaan dari sang anak siapa sebenarnya yang benar dan yang salah.

"Bagi saya yang menimbulkan peperangan itu yang salah. Siapapun yang bisa membuat ini damai, itulah yang disebut pahlawan. Mungkin sih, tapi katanya kalau Palestina damai dunia kiamat," ujar Hanung dengan nada bercanda.

Terpopuler: Alasan Heerenveen Lepas Nathan Tjoe-A-On, Calon Kiper Timnas Indonesia Sabet Scudetto
Foto: Istimewa

Cerita Perjuangan TikTokers Sasya Livisya, Sering Dapat Hate Comment karena Penampilannya

Setelah melalui berbagai proses yang panjang, Sasya Livisya menyampaikan pentingnya hate comment dalam setiap konten yang diposting di sosial media.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024