Banjir Landa Empat Kecamatan di Jambi

VIVAnews - Sebanyak empat kecamatan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Propinsi Jambi sejak dua hari lalu, mulai terendam banjir. Ketinggian air mencapai setinggi lutut orang dewasa.

Ke-empat kecamatan tersebut yakni, Kecamatan Sabak Timur, Rantau Rasau, Nipah Panjang dan Kecamatan Sadu. Selain merendam ratusan rumah, banjir juga mengakibatkan puluhan hektar lahan pertanian milik warga yang berjarak sekitar 200 kilometer di ujung pantai timur Propinsi Jambi tersebut tergenang.

Kepala Bagian Humas Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Hadi Firdaus menyebutkan, banjir terjadi akibat curah hujan yang cukup tinggi di hulu Sungai Batanghari, seperti Kabupaten Kerinci, Merangin dan Kabupaten Sarolangun.

Menurut Hadi, arus Sungai Batanghari yang bermuara di Kabupaten  Tanjung Jabung Timur tersebut beradu dengan arus pasang air laut. Peraduan itu mengakibatkan terjadinya tumpahan air, sehingga merendam ke-empat kecamatan yang memang rawan banjir tersebut.

Meski belum membawa dampak yang lebih besar, namun diperkirakan banjir kali ini akan berlangsung dalam waktu yang cukup lama, karena intensitas hujan hingga akhir Maret nanti diperkirakan masih di atas normal. Sementara gelombang laut di Pantai Timur Jambi, juga masih tinggi, sehingga mengakibatkan terjadinya pasang air laut.

"Memang belum begitu mengkuatirkan, karena banjir hanya datang pada waktu pagi dan sore hari. Jika siang, kondisi air kembali surut," ujar Hadi Firdaus kepada Vivanews

Namun diharapkan warga yang bermukim di lokasi rawan banjir untuk tetap waspada, karena banjir bisa saja datang secara tiba-tiba. "Bisa saja banjir datang pada waktu warga tengah lelap tidur. Karena itu diharapkan, warga kembali menghidupkan posko-posko pengamanan untuk mengantisipasi musibah yang lebih dahsyat," kata Hadi.

Selain di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, beberapa daerah pesisir pantai di Propinsi Jambi, juga dilanda banjir pasang. Seperti Kecamatan Seberang Kota Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Bahkan di daerah ini dilaporkan sebanyak 14 hektar tambak ikan milik warga sudah terendam.

Laporan : Kaz Piliang | Antv | Jambi

Bikin Silau, Harga Emas Antam Kembali Tembus Rekor Tertinggi
Duel Timnas Indonesia U-23 vs Qatar U-23

4 Tim Lolos 8 Besar Piala Asia U-23, Indonesia Siap Nyusul?

Empat tim sudah dipastikan lolos ke babak 8 besar Piala Asia U-23 2023. Mereka adalah tuan rumah Qatar, Korea Selatan, Jepang, dan Arab Saudi. Indonesia siap menyusul.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024