ATI Turunkan Harga Radeon

Januari ini Nvidia luncurkan VGA andalannya yang berhasil menjadi juara di kelas performa. VGA tercepat itu adalah GeForce GTX 295 yang mengambil alih gelar tersebut dari Radeon HD 4850X2. Menurut Hexus, 16 Januari 2009, Nvidia tidak begitu saja bisa langsung menguasai pasar, karena produk baru berteknologi manufaktur 55 nanometer itu dilepas pada kisaran harga 590 dolar AS untuk versi clock standar.

Di sisi lain, AMD dengan segera memangkas harga Radeon HD 4850X2 yang kinerjanya serupa dengan GeForce GTX 285, versi ringan dari GTX 295 menjadi 385 dolar AS saja. GeForce GTX 285 sendiri dijual pada kisaran harga 465 dolar.

Di kelas value, ATI juga menurunkan harga Radeon HD 4350 dan 4550. Langkah tersebut diambil untuk merebut pangsa pasar lebih banyak. Di segmen value tersebut, penjualan GeForce 9500GT lebih baik, dan versi barang sama dengan nama baru yang akan digelar dalam waktu dekat juga diyakini dapat membantu penjualan chip ekonomis tersebut. Padahal, dari sisi kinerja Radeon HD 4350 da 4550 memiliki performa yang lebih baik.

Taktik ATI adalah lebih agresif dari sisi harga untuk merebut sebanyak mungkin market share di level pemula. Di kelas performa dan high-end, produk ATI memang laris manis, tetapi tentunya mereka juga ingin merebut pasar ekonomis karena di pasar tersebutlah penjualan unit terbanyak berlangsung. 

Pemangkasan harga dan akan hadirnya VGA ekonomis dengan memori lebih besar diyakini dapat memuluskan langkah ATI. Apalagi mengingat Nvidia belum memiliki solusi terbaru di kelas tersebut, setidaknya sampai kuartal kedua 2009.

Pj Gubernur Sumut Optimis Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala Asia U-23
Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan, AKBP Bintoro di TKP Polisi Bunuh Diri

Wow! Ada Senjata HS Kaliber 9 Mm di Dalam Mobil Polisi yang Tewas di Mampang Jaksel

Polisi berhasil menemukan sejumlah barang bukti dalam dugaan kasus polisi tewas dari Satlantas Polresta Manado, Sulawesi Utara Brigadir Ridhal Ali Tomi (RAT).

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024