Pra Piala Asia 2011

Timnas Manfaatkan Kelelahan Lawan

VIVAnews - Indonesia akan berhadapan dengan Oman di Stadion Sultan Qaboos, Muscat, Oman, Senin, 19 Januari 2009. Dalam duel berlabel Pra Piala Asia (PPA) 2011 itu, pasukan Benny Dollo sudah siap tempur dan sedikit diuntungkan.

Persiapan Timnas Merah Putih menuju PPA 2011 lebih baik dari Piala AFF 2008 lalu. Sebelum berangkat ke Oman, Markus Horison cs sudah melakukan persiapan di Sawangan, Depok, Jawa Barat, sejak 27 Desember 2008. Setelah itu timnas bertolak ke Oman, 12 Januari 2009

untuk melakukan aklimatisasi dan menggelar sekali uji coba. Tak hanya itu, Indonesia juga bisa menelanjangi kekuatan calon lawan yang sedang berlaga di Piala Teluk Antar Negara 2009. Setidaknya

dua kali tim pelatih menyaksikan langsung Oman bertanding, masing-masing di babak semifinal dan final. Di babak final yang digelar Sabtu, 17 Januari 2009 lalu, timnas bahkan seluruhnya berangkat.

"Dari hasil evaluasi, Oman di atas kami. Mereka unggul kecepatan dan teknik. Dan, saya akan menekankan pada pemain untuk  menanggalkan permainan individu. Jika kami ingin mengimbangi Oman, para pemain harus bermain sebagai unit. Kerja sama antar pemain

yang harus ditonjolkan,” kata Benny Dollo, pelatih timnas kepada wartawan GOSport, Siti Asyatul Parida, Minggu, 18 Januari 2009. Mengenai cuaca, Bendol-sapaan akrab Benny Dollo- tidak khawatir. Dia mengaku suhu yang kadang berada di bawah 20 derajat celcius mampu di atasi oleh pemain-pemainnya. Sebab, waktu sepekan di Oman menurut Benny sudah cukup bagi pemain untuk beradaptasi.

“Kadang-kadang cuaca memang dibawah 20 derajat celcius. Bahkan, ketika kami beruji coba dengan tim lokal Oman, cuaca saat itu dibawah 15 derajat. Semoga saja, para pemain tak bermasalah dengan cuaca yang sering berubah-ubah,” tukas Bendol.

Meski kalah kelas, Bendol mengaku Oman masih mungkin untuk di atasi. Setidaknya tim besutan Claude Le Roy itu punya kelemahan yang bisa dimanfaatkan timnas. "Oman pasti dalam kelelahan yang cukup tinggi. Saya berharap pemain bisa memanfaatkannya," kata Bendol.

Oman memang baru melewati pertarungan yang cukup melelahkan. Pada final Piala Teluk Antar Negara 2009, Sabtu, 17 Januari 2009 lalu, Oman harus bertanding selama 120 menit dengan Arab Saudi. Karena skor imbang, pertandingan kemudian dilanjutkan dengan penalti yang akhirnya dimenangkan Oman dengan skor 6-5.

Prediksi Line Up
INDONESIA (4-3-3)

Markus Horison ; Ricardo Salampessy, M Roby, Charis Yulianto, Isnan Ali ; Ponaryo Astaman, Hariono, Firman Utina ; Budi Sudarsono, Boaz  Solossa, Bambang Pamungkas.

5 Fakta Menarik Persib Bandung Usai Benamkan Persebaya Surabaya di Liga 1
Pendampingan pembentukan koperasi di Banyuasin

Kementan Dorong Pembentukan Koperasi Guna Bantu Petani Banyuasin Kembangkan Usaha

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman memberikan arahan agar jajarannya mampu membangun ekosistem baru di sektor pertanian dan membuat pertanian diminati anak muda.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024