Peran Swasta Kelola Bandara Diperbesar

VIVAnews - Undang Undang No.1 Tahun 2009 yang ditandatangani Presiden 12 Januari 2009 dinilai sejumlah pihak dapat membuka peluang swasta untuk berperan lebih besar pada pengelolaan bandara.

Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow

"Sifatnya pengelolaan manajemen bisnis dan tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara pada sosialisasi UU Penerbangan di Departemen Perhubungan Jalan Medan Merdeka Barat Senin Malam, 19 Januari 2009.

Menurut Budhi, kerja sama pengelolaan bandara yang seimbang antara swasta dan pemerintah sudah dipraktekkan pada Bandara Schippol, Belanda. "Asalkan area bisnisnya di tanah," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan juga menegaskan peran swasta dan pemerintah daerah untuk mengelola Bandara sesuai dengan otonomi daerah. "Ada azas keseimbangan dan kompetisi yang sehat, serta pemda dituntut untuk transparan dan akuntabel," kata dia.

Ditempat yang sama, Ketua Indonesia National Air Carriers Association (INACA) Emirsyah Satar mengatakan selama 2008 pertumbuhan bisnis penerbangan menghadapi tantangan dengan naiknya harga minyak.

Namun, kata dia, di tengah tantangan tersebut penerbangan masih tumbuh dibandingkan negara-negara lain yang mengalami kesulitan. "Pertumbuhan penerbangan 2008 mencapai 10 persen," ujar Emir.

Tahun ini, Emir menambahkan, banyaknya investor dan pemilik pesawat yang menawarkan pesawat di Indonesia akan memberi sinyal positif bagi industri penerbangan nasional, meski tidak sebesar 2008.

Ekspansi Perusahaan Musik Terkemuka Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia

Menurutnya, UU 1/2009 tentang Penerbangan memberikan ruang gerak bagi swasta berkembang lebih maju. "Tahun ini industri penerbangan masih tumbuh walaupun tak setinggi tahun lalu," kata Emir.

Sandra Dewi dan Suaminya, Harvey Moeis

Wawancara Lawasnya Jadi Sorotan, Sandra Dewi Ogah Disebut Hidup Bak di Negeri Dongeng

Kehidupan pribadi Sandra Dewi mendadak jadi sorotan pasca penetapan status tersangka suaminya, Harvey Moeis oleh Kejaksaan Agung.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024