Akuisisi Makro Indonesia

Lotte Akan Gunakan Nama Lokal

VIVAnews - Lotte Group akan menggunakan nama lokal saat memasuki pasar ritel Indonesia, setelah resmi mengakuisisi seluruh saham PT Makro Indonesia dan SHV Holding N.V.

Presiden Direktur PT Lotte Shopping Noh Byung Yong mengatakan, Lotte memilih memakai merek lokal agar lebih dikenal konsumennya di Indonesia. "Saat ini sedang diadakan studi mengenai nama dan pangsa pasar di Indonesia," ujarnya pada konfrensi pers di Hotel Mulia Jakarta, 20 Januari 2009.

Dia menambahkan, studi tersebut menyangkut sejauh mana keinginan yang dikehendaki pembeli, berapa harga yang mereka mampu, serta sebaiknya berlokasi di mana tempat ritel Lotte dibangun. "Nanti, fokus layanan Lottemart adalah pelayanan yang menyenangkan pelanggan. Strategi itu namanya know how," kata Noh.

Noh mengakui, meski Lottemart secara luas sudah dikenal pelanggan, tapi untuk memasuki pasar hipermart Indonesia perlu melihat kebutuhan konsumen di sini.

Dia mengatakan, studi yang dirangkum secara elektronik tersebut nantinya akan menunjukkan kebutuhan daerah satu dengan yang lain bisa berbeda. "Sistem ini akan segera diterapkan di Indonesia. Saya optimis berhasil, karena hal yang sama sudah berhasil diterapkan  di Vietnam dan China," ujar Noh.

Noh menargetkan penjualan tahun ini mencapai Rp 5,7 triliun dan akan meningkat tiga kali lipat menjadi Rp 17 triliun pada lima tahun ke depan. "Kami optimis menjadi perusahaan hipermart terbesar di Indonesia," kata dia.

Selain itu, dia juga memproyeksikan pertumbuhan penjualan di tahun ini sebesar 10-11 persen dan nantinya (lima tahun ke depan) akan meningkat menjadi 16 persen.

Sementara itu, Lottemart , kata Noh, saat ini sedang berekspansi usaha dengan menambah gerai di seluruh Indonesia. Sehingga pada 2012, Lottemart sudah memiliki 35 gerai. "Saat ini baru ada 19 gerai," ujar Noh.

Presiden Direktur PT Lottee Shoping Indonesia Moon Young Pyo juga mengatakan, investasi tersebut segera dilakukan untuk membangun gerai Lottemart di beberapa kota. 

Gandeng IDH.ID, KoinWorks Sediakan Layanan Pay Later bagi UMKM dan Ritel

Bahkan, kata dia, meski kondisi ekonomi di Korea saat ini masih sulit tapi pihaknya yakin akan investasi tersebut. Apalagi, Lotte termasuk terbesar ke lima di Korea. "Kami sangat optimis dengan pasar Indonesia yang selalu dinamis," ujar Moon.

Saat ini, Lottemart sudah bekerja sama dengan 1.000 suplier dalam negeri, serta memperkerjakan sebanyak 2.200 pegawai.

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi Launches Permanent Housing After Disaster in Central Sulawesi

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) inaugurated several post-disaster tsunami revitalization projects in 2018 during his working visit to Central Sulawesi Province.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024