Dugaan Suap KPPU

Hotman Paris: Uang Dalam Tas untuk Bayar Saya

VIVAnews - Pengacara Hotman Paris Hutapea mengaku uang yang berada dalam tas hitam milik Billy Sindoro adalah untuk membayar jasanya sebagai pengacara. Namun, Hotman mengaku menolak menerima Rp 500 juta dari Eksekutif Lippo Group itu.

"Pada 16 September 2008, Billy menemui saya," ujar Hotman di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Rabu 21 Januari 2009. "Saat itu dia meminta saya untuk mewakilinya secara pribadi."

Hotman tengah bersaksi dalam kasus dugaan penyuapan yang dilakukan oleh Eksekutif Lippo Group Billy Sindoro terhadap Komisioner KPPU M Iqbal. Ia bersaksi sebagai saksi meringankan untuk terdakwa Billy. KPK menangkap Billy dan Iqbal pada 16 September 2008.

Menurut Hotman, Billy meminta dirinya untuk mewakili guna menggugat Astro atas pemberitaan di koran Business Today. Koran itu memuat Astro menuduh Billy lakukan penggelapan. "Tapi karena saya masih dalam masa pemulihan saya tolak permintaan itu," jelas dia.
 
Billy, kata Hotman, tetap membujuknya dan telah menyodorkan sejumlah uang sebagai biaya pendampingan. "Saya sudah siapkan untuk uang muka," kata Hotman mengulang ucapan Billy. Ia menjelaskan uang itu dibawa dalam sebuah tas hitam. Tas tersebut pun dibawa oleh ajudan Billy.
 
Hotman menambahkan Billy juga pernah meminta dia menjadi pengacara untuk PT Ayundha Prima Mitra. Perusahaan tersebut merupakan salah satu pemegang saham di PT Direct Vision. Pun ketika itu menolak. "Saya hanya setuju untuk mewakili dalam membuat rilis untuk wartawan," kata dia.
 
Dalam kesempatan itu Billy, kata Hotman, juga meminta bahan rilis yang digunakan Hotman dalam kasus Astro. "Untuk digunakan sebagai bahan gugatan ke Astro," jelasnya.

Saksi lainnya, Nyoman Serikat Putrajaya, menyatakan dalam kasus-kasus penyuapan yang dibutuhkan adalah adanya surat perintah penangkapan. Namun karena kasus penyuapan tidak diketahui kapan dan di mananya, maka aparat harus memiliki surat perintah penyidikan.
 
Billy ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi pada tanggal 16 September 2008. Jaksa Penuntut Umum menduga Billy telah memberikan uang senilai Rp 500 ribu kepada Komisioner KPPU M Iqbal. Pemberian itu, menurut Sarjono Turin, terkait dengan putusan KPPU mengenai dugaan pelanggaran Hak siar Barclays Premier League yang dilakukan oleh PT Direct Vision , Astro All Asia Networks, ESPN Star Sports dan All Asia Multimedia Networks. Iqbal menjadi salah satu anggota majelis yang memutus perkara tersebut.

Pelaku Ditangkap, Begini Modus Sopir Taksi Online Todong Penumpang Rp 100 Juta
Penyelundupan Pil Koplo di Lapas Yogyakarta (dok istimewa)

Pengunjung Coba Kelabui Petugas Lapas Yogyakarta Simpan Pil Koplo di Betis, Malah Ketahuan

Petugas Lapas Kelas IIA Yogyakarta menggagalkan dua kali penyelundupan pil koplo dari pengunjung kepada warga binaan, salah satunya bermodus menyembunyikan pil di betis.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024