Bapepam: Akan Ada Broker Bermasalah Lagi

VIVAnews - Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) memperkirakan perusahaan efek yang bermasalah akan bermunculan seiring dampak krisis keuangan global.

"Namanya juga krisis global. Lehman Brothers di Amerika Serikat saja sudah bangkrut. Jadi, wajar-wajar saja. Kita siap-siap saja kalau pasar modal akan hancur," kata Ketua Bapepam-LK Fuad Rahmany di kantornya, Rabu, 21 Januari 2009.

Menurut Fuad, tanda-tanda permasalahan di pasar modal setidaknya terlihat dari anjloknya kapitalisasi pasar dari Rp 2.000 triliun menjadi Rp 1.000 triliun. "Dengan penurunan itu tentunya akan ada pihak-pihak yang menanggung beban tersebut," ujarnya.

Dia menambahkan, kondisi tersebut tidak bisa dihindari dan dipastikan akan memunculkan satu per satu perusahaan efek yang bermasalah. "Saya tidak bisa bilang siapa yang akan bermasalah, tetapi tidak akan banyak," tutur Fuad.

Rusia Telah Menangkap Pemodal Teroris Serangan Moskow, Ternyata Dikirim Melalui Ukraina

Mereka semua, kata Fuad, akan mencari jalan keluar sendiri-sendiri. "Tapi, jangan sedikit-sedikit meminta bantuan pemerintah," ujarnya.

Namun, dia mengaku, kendati gajala munculnya perusahaan efek bermasalah akan muncul, pemerintah sampai kini belum mempertimbangkan memasukan perusahaan sekuritas sebagai penerima dana talangan (bailout) melalui jaring pengaman sistem keuangan (JPSK).

Pasalnya, ujar Fuad, gangguan yang terjadi di pasar modal harus bersifat sistemik. "Kalau tidak sistemik ya ngak lah. Kalau perusahaan kecil (yang terganggu) itu tidak (dianggap) sistemik," katanya.

Pemain Arsenal, Gabriel Magalhaes merayakan gol

5 Bintang Arsenal Terancam Absen Lawan Man City! Perebutan Puncak Klasemen Makin Panas

Bukayo Saka adalah salah satu pemain Arsenal yang kabarnya akan absen saat melawan Manchester City pekan ini.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024