Fatwa MUI

700 Ulama akan Putuskan Fatwa Rokok

VIVAnews - Halal haram rokok, yoga, dan golongan putih akan diputus dalam Ijtima Ulama Komisi Fatwa se-Indonesia III pada tanggal 23-26 Januari 2009 Padang Panjang, Sumatera Barat.

Menurut Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, KH Ma'ruf Amin ijtima akan dihadiri pimpinan MUI pusat, MUI daerah, pimpinan pondok pesantren, perorangan, ulama, cendekiawan dan habaib. "Ini Ijtima Ulama yang ketiga yang akan dihadiri 700 orang ," kata Ma'ruf Amin dalam jumpa pers di kantor MUI,  Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu 21 Januari 2009.

Menurut Ma'ruf Amin, Ijtima Ulama Komisi Fatwa se-Indonesia III ini akan dibuka oleh Wakil Presiden M Jusuf Kalla. Dalam acara itu, kata dia, ada tiga agenda besar yang dibahas para ulama se-Indonesia ini.
 
Pertama, masalah strategis kebangsaan. Kelompok ini, tambah dia, akan membahas soal prinsip Islam tentang hubungan antar agama, peran agama dalam pembinaan moral bangsa dan soal golongan putih dalam pemilu serta pilkada.

"Kedua, masalah hukum kontemporer, yaitu membahas masalah hukum merokok, pernikahan usia dini, bank mata dan organ tubuh lainnya, zakat, makanan halal, wakaf serta senam pernafasan yoga," tambah dia.

Sedangkan masalah ketiga yang akan dibahas adalah masalah hukum dan perundang-undangan. "Membahas tentang RUU Jaminan Produk Halal, tindak lanjuti UU Pornografi, PP No 5/2007 tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan, UU Kepariwisataan dan UU Perbankan Syariah," tambah dia.
 

Timnas Indonesia U-23 Tak Gentar dengan Rekor Mengerikan Korea Selatan
Khofifah melantik Dr Bakhrul Khair Amal sebagai Ketua Pengurus IKA UNAIR Wilayah Sumatera Utara periode 2021-2025

Khofifah: Alumni UNAIR Harus Tingkatkan Kualitas SDM untuk Bangun Indonesia

Mantan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengaku optimis kalau jejaring antar alumni UNAIR (Universitas Airlangga) bakal membawa banyak kemanfaatan untuk alma

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024