Pengakuan Adik Obama, Maya Soetoro

Obama Tak Punya Saudara Angkat di Indonesia

VIVAnews - Adik presiden baru Amerika Serikat, Maya Soetoro Ng, membantah bila perempuan bernama Lia - yang dikenal dengan sebutan Mbak Non - adalah saudara angkat Barack Obama saat masih tinggal di Indonesia.

"Selama hidup saya, saya tidak pernah mengenal nama Lia," demikian kata Maya dalam bahasa Indonesia yang cukup lancar kepada VOA Indonesia, yang disiarkan oleh ANTV, Rabu 21 Januari 2009. Maya mengatakan bahwa Lia, yang tinggal di Sukabumi, tidak pernah diadopsi oleh ayah kandungnya, Lolo Soetoro.   

Maya pun meragukan kabar kalau keluarganya pernah mengundang Lia ke Hawaii. "Kalau benar dia pernah ke Hawaii, pasti nenek saya akan ingat," kata Maya yang kembali melanjutkan jawabannya dalam bahasa Inggris.

Menurut perempuan kelahiran Jakarta, 15 Agustus 1970 tersebut, mendiang neneknya mengatakan bahwa kunjungan Lia ke Hawaii itu tidak pernah terjadi. Bahkan Barack dan sepupu-sepupu mereka juga tidak pernah menyinggung ada yang bernama Lia dalam keluarga mereka.

"Saat saya menyinggung hal itu kepada Barack, dia tidak pernah ingat. Kami belum pernah mendengar cerita tentang dia (Lia). Dia pun tidak ada dalam foto keluarga," kata Maya, yang merupakan anak kandung Lolo Soetoro dari hasil pernikahannya dengan Ann Dunham, ibu kandung Obama. 

Maya diberitahu bahwa ada orang yang menggunakan nama Soetoro. Masalahnya, "bagi saya itu adalah nama yang sakral dan itu adalah nama ayah saya jadi saya tidak mau dia [Lia] menggunakan nama itu karena tidak berhak," kata Maya saat menerima kunjungan keluarga besarnya dari Jakarta sehari setelah pelantikan Barack Obama.

Lia, yang dalam akta lahirnya bernama Liah, kepada VIVAnews beberapa waktu lalu mengaku pernah menjadi pengasuh Obama kecil sewaktu berada di Jakarta. Oleh ayah tiri Obama, Lolo Soetoro, Lia diangkat sebagai anak.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat
Workshop Literasi Digital

Workshop Makin Cakap Digital, Membentuk Kesadaran Etika Berjejaring bagi Guru dan Murid Sorong Papua

Semua guru dan murid yang hadir menunjukkan antusiasme tinggi dalam menyimak materi dari para narasumber.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024