633 Orang Alami Gizi Buruk Selama 2008

VIVAnews - Dinas Kesehatan (Dinkes) Subang, mencatat sedikitnya 633 orang penduduk di kabupaten Subang mengalami Gizi Buruk selama tahun 2008, yang tersebar di beberapa kecamatan di kabupaten Subang. Selain mengalami, Gizi buruk, sebanyak 8.881 orang lainnya kurang gizi.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Subang,Wawan Setiawan, mengatakan beberapa faktor yang menyebabkan sesorang mengalami gizi buruk.

MK Juga Surati KPU dan Bawaslu, Bakal Bacakan Dua Putusan

"Bukan karena faktor ekonomi saja, gaya hidup juga bisa mempengaruhi seseorang megalami gizi buruk. Hal ini yang kami dapatkan dari hasil penelitian kami kelapangan," kata Wawan, saat ditemui VIVAnews, di kantornya Jumat, 23 Januari 2009.

Lebih lanjut dia mengatakan, dari jumlah keseluruhan sebanyak 633 orang atau 0,57% warga yang mengalami gizi buruk disebabkan pasien menderita penyakit lain.

Jadi, bukan benar-benar menderita gizi buruk semata. Dan setiap daerah itu, pasti ada yang menderita (gizi buruk) yang disebabkan menderita penyakit lain.

Dalam penanganan terhadap warga yang mengalami gizi buruk, selain memberikan bantuan Gizi, pihaknya juga melakukan penyuluhan-penyuluhan kepada masyarakat.

"Warga dari keluarga miskin, kita memberikan bantuan berupa makanan yang sarat dengan Gizi. Sedangkan dari keluarga menengah ke atas, kita lebih kepada penyuluhan-penyuluhan. Karena penyebab yang dialami (kalangan menengah keatas), lebih kepada gaya hidup," paparnya.

Penanganan terhadap korban gizi buruk, lanjut Wawan, selain memberikan bantuan berupa makanan sarat gizi kepada keluarga
menegah kebawah, Dinkes juga memfasilatasi pengobatan di Rumah sakit.

"Beberapa penderita, kita pasilatasi berobat di Rumah sakit sampai sembuh. Dengan indikasi, mengalami perkembangan berat badan dari berat semula," jelasnya tanpa menyebutkan jumlah pasti pasien.

Selama 2008, selain mencatat sebanyak 633 orang (0,57%) mengalami gizi buruk dan 8.891 orang (8,04%) gizi kurang, Dinkes juga mencatat sebanyak 9.345 orang (89,87%) warga dengan kategori gizi baik dan 1.679 orang (1,52%) warga Subang mengalami Gizi lebih.

Kantongi Surat Tugas Maju Pilgub, Bobby Nasution: Tak Perlu Daftar Lagi ke Golkar Sumut

Adapun daerah yang mengalami gizi buruk terbesar, terdapt di kecamatan Patokbeusi sebanyak 117 orang.

Laporan: Inin Nastain | Subang

Ketua Umum DPP PSI, Kaesang Pangarep.

Kaesang: Walaupun PSI Belum Bisa Masuk Senayan, Enggak Masalah

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep mengaku tak ambil pusing meski partainya gagal melenggang ke Senayan.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024