Bersih-Bersih Patung Dewa Menjelang Imlek

VIVAnews – Tanggal 26 Januari nanti, etnis Tionghoa akan merayakan tahun baru Imlek 2560. Nah, menjelang perayaan Imlek 2560, beberapa klenteng di Denpasar, Bali membersihkan patung-patung dewa. Salah satunya adalah Griya Kongco Dwipayana yang ada di Jalan By Pass Ngurah Rai, Tanah Kilap, Denpasar Selatan.

Para pengurus klenteng membersihkan ratusan patung dewa termasuk tujuh patung Dewi Kwan Im. Klenteng Griya Kongco Dwipayana ini, memang selalu dipadati oleh etnis tionghoa yang akan melakukan sembahyang saat Imlek

Menurut salah satu pengurus klenteng, Ida Bagus Adnyana, untuk menyambut Imlek, semuanya harus diawali dengan hal yang baik dan bersih. "Ini pencerminan dari diri manusia supaya di tahun baru nanti akan lebih baik dari tahun sebelumnya," kata Adnyana yang sering disapa Atu Mangku.

Semua patung dewa yang ada di klenteng akan dibersihkan dengan air suci dan bunga-bunga yang ada di klenteng. Dan, tidak hanya patung yang dibersihkan, semua perabot dalam kelenteng juga akan dibersihkan.

Selain patung dewa, dalam klenteng Griya Kongco Dwipayana juga ada dua buah patung besar, yaitu Pangeran Tio Kei dan Pangeran Lao Im. Patung tersebut terletak di pintu masuk klenteng dan berdiri sangat gagah sambil memegang tombak. Agar tampak bagus saat Imlek nanti, patung tersebut kemudian diperbarui warnanya dan diperbaiki bagian-bagiannya yang rusak.

Untuk puncak acara Imlek, pada Senin, 26 Januari 2009 nanti akan diadakan sembahyang bersama. Dan, malam harinya akan ada pertunjukkan barongsai. Sangat menarik ya teman-teman.

 KPU Minta MK Tolak Tudingan Suara Nasdem Berkurang dan Golkar Bertambah di Jabar 1
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, The Interview

Menkes Ungkap Alasan Tingkat Stunting Indonesia Baru Turun 0,1 Persen

Menteri Kesehatan mengungkapkan alasan di balik angka prevalensi stunting di Indonesia baru turun 0,1 persen, dari 21,6 persen pada 2022 menjadi 21,5 persen pada 2023.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024